Perbedaan Makanan Oat dan Granola

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Oat dan granola merupakan jenis makanan yang sering digunakan dalam menu sarapan. Meskipun kedua jenis makanan tersebut bukanlah suatu makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyaralat Indonesia. Akan tetapi dengan adanya tayangan iklan di televisi mengenai makanan tersebut yang memberikan manfaat kesehatan dan penyajiannya yang praktis menjadi daya tarik dan alasan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsinya.

Bahkan sudah banyak beberapa cemilan atau makanan yang memiliki kandungan oat dan granola. Oat dan granola sering kali dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk diet. Apabila anda mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut dalam waktu yang sama, akan tetapi jenis oat ini lebih banyak mengandung nutrisi. Tahukah anda bahwa keduanya memiliki perbedaan, diantaranya:

  1. Oat
  • Bahan dan cara pembuatan

Oat terbuat dari bahan gandum yang dibuat berdasarkan jenisnya. Oat terbagi menjadi 3 jenis diantaranya yaitu steel cut oat, rolled oat, dan instan oat. Oat steel cut merupakan oat yang paling banyak mengandung nutrisi dan biji utuh gandum yang dipotong menjadi 2-3 bagian, tekstrus oat steel cut lebih kenyal.

Sedangkan oat rolled merupakan oat yang dibuat melalui proses pemipihan sehingga oat ini akan lebih mudah dikonsumu oleh penggemarnya, proses pemasakannya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jenis oat yang ketiga yaitu instan oat dimana jenis oat ini hanya membutuhkan waktu yang singkat dan bahkan cukup hanya dengan menambahkan air panas. Dari ketiga jenis oat tersebut membutuhkan waktu yang berbeda untuk memasaknya. Selain itu bentuk dari ketiga jenis oat tersebut memiliki perbedaan.

  • Rasa

Pada umumnya oat memiliki rasa yang hambar sehingga pada saat menikmatinya sering ditambahkan rasa manis atau guruh. Contohnya menggunakan madu, susu, dan lain-lain.

  • Penyajian

Oat tidak dapat disajikan secara langsung tanpa di olah, direbus dan di larutkan dalam air panas. Untuk menambah cita rasa anda dapat menambahkan syrup, gula kelapa, susu, dan lain sebagainya.

  • Tekstur

Oat memiliki tekstur yang lebih halus seperti halnya bubur, karena proses pembuatannya tidak dipanggang dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya.

  1. Granola
  • Bahan dan cara pembuatan

Bahan dasar pembuatan granola yaitu oat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Pada umumnya pembuatan granola ditambahkan dengan minyak sebagai bahan perekat bahan-bahannya. Pembuatan granola dibuat dengan cara dipanggang hingga bahan menjadi renyah.

  • Rasa

Granola memiliki rasa yang manis karena pada saat prosem pembuatannya telah dicampurkan dengan bahan pemanis.

  • Penyajian

Granola dapat anda nikmati dengan mengkonsumsi secara langsung karena granola tidak perlu di masak terlebih dahulu. Selain itu granola dapat disajikan dengan memasukannya ke dalam susu.

  • Tekstur

Karena granola terbuat dari bahan oat, buah kering, biji-bijian, dan lain-lain yang dibuat dengan cara di panggang sehingga saat anda mengkonsumsinya akan memberikan kesan kriuk-kriuk, renyat atau kress. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here