Perbedaan Sunblock dan Sunscreen untuk Melindungi Kulit

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada dua jenis produk pelindung kulit yang sering ditemui di toko-toko. Kedua produk itu adalah sunblock dan sunscreen. Tetapi, tahukah Anda di mana letak perbedaan keduanya?

Sunblock dan tabir surya (sunscreen) memang merupakan dua produk yang berbeda, meski memiliki tujuan umum yang sama, yaitu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa hal yang membedakannya:

Sunscreen

  • Mengandung bahan kimia yang dapat menyerap dan mengurangi radiasi UV berlebih yang dipancarkan sinar matahari. Sinar UV ini bisa menyerang kulit.
  • Mengandung bahan kimia yang mampu menangkis sinar UV A dan UV B. Tapi, ada sebagian sinar matahari yang tetap terserap oleh tubuh. Bahan kimia yang terkandung dalam sunscreen juga masih berpotensi merusak lapisan teratas kulit.
  • Saat digunakan, sunscreen lebih terlihat transparan atau kasat mata.
  • Lebih sulit dibersihkan.

Sunblock

  • Berfungsi mencegah radiasi sinar UV.
  • Mengandung mineral, antioksidan, dan moisturizer. Keunggulan sunblock adalah kandungan zinc atau zat besi sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari dengan cara memblok sinar matahari ibarat cermin sehingga kulit terlindungi. Sederhananya, formula zinc sangat efektif untuk melindungi kulit.
  • Saat digunakan, sunblock terlihat lebih tebal dan tampak jelas oleh mata.
  • Lebih mudah dibersihkan.

Beberapa krim pelindung matahari umumnya bisa melindungi dari radiasi UV tipe A (UVA) dan UV tipe B (UVB). UVA biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit secara permanen. Bahkan yang lebih mengerikan lagi, sampai merusak DNA, menimbulkan kanker kulit serta membuat kulit menjadi gelap. Sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar, keriput, mengalami penuaan, dan nyeri.

Hampir semua sunblock dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB, sedangkan sunscreen dapat melindungi kulit dari UVB. Namun, tidak semua produk sunscreen menawarkan perlindungan terhadap radiasi UVA.

Jika Anda ingin menggunakan sunscreen atau sunblock, pastikan menggunakan produk dengan Sun Protecting Factor (SPF), misalnya mengandung SPF 20. Semakin tinggi SPF, semakin besar perlindungan dari sinar UV.

Satu hal lagi yang perlu dierhatikan adalah jangan mengandalkan sepenuhnya kepada sunblock atau sunscreen untuk menjaga kesehatan kulit dari sengatan sinar matahari berlebih. Cara lainnya juga bisa membantu, seperti mengonsumsi vitamin yang baik untuk kulit. Tidak hanya vitamin A dan D, tapi juga vitamin C dan E. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari konsumsi buah dan sayuran.

Cara lainnya ialah menggunakan pelindung tambahan. Tidak ada salahnya bila Anda memakai topi, misalnya, sebagai pelindungan. Memakai topi adalah salah satu cara paling mudah untuk menghalangi paparan sinar matahari ke kulit wajah dan kulit kepala. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY