PERGELANGAN KAKI TERKILIR

o Definisi
Pergelangan kaki terkilir adalah cedera yang terjadi ketika berguling, memutar atau mengubah pergelangan kaki dengan cara yang janggal. Hal ini dapat meregangkan atau merobek pita keras jaringan (ligamen) yang menahan semua tulang pergelangan kaki.

Ligamen membantu menstabilkan sendi dan mencegah gerakan yang berlebihan. Pergelangan kaki terkilir terjadi ketika ligamen dipaksa melebihi kisaran normal geraknya. Kebanyakan kasus pergelangan kaki terkilir menyebabkan cedera pada ligamen bagian luar pergelangan kaki.

Pengobatan untuk cedera pergelangan kaki tergantung pada tingkat keparahan cedera. Meskipun Anda hanya butuh perawatan sendiri dan obat nyeri non-preskripsi (over-the-counter), evaluasi medis mungkin akan tetap diperlukan untuk mengetahui seberapa parah terkilirnya pergelangan kaki Anda dan membantu Anda melakukan pemulihan.

Transkrip:(Video)
Kebanyakan kasus pergelangan kaki terkilir mengakibatkan cedera pada tiga ligamen di bagian luar pergelangan kaki Anda. Ligamen adalah pita keras jaringan yang berfungsi menstabilkan sendi dan membantu mencegah gerakan yang berlebihan. Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika Anda berguling, memutar atau mengubah pergelangan kaki Anda dengan cara yang janggal. Hal ini dapat meregangkan atau merobek ligamen yang membantu menahan semua tulang pergelangan kaki Anda.

o Gejala
Tanda dan gejala dari pergelangan kaki terkilir meliputi:

  • Nyeri, terutama ketika bertumpu pada kaki yang terkena
  • Pembengkakan dan kadang-kadang memar
  • Rentangan gerak terhambat

Beberapa orang mendengar atau merasa “pop” pada saat cedera.

Kapan Anda Harus ke Dokter?
Hubungi dokter jika Anda merasakan sakit dan bengkak di pergelangan kaki dan Anda menduga itu adalah terkilir (keseleo). Meskipun Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah perawatan sendiri, tapi berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendiskusikan apakah Anda harus melakukan pemeriksaan pada pergelangan kaki Anda. Jika tanda-tanda dan gejala Anda parah, mungkin Anda telah mengalami patah tulang di pergelangan kaki atau kaki bagian bawah.

o Penyebab
Pergelangan kaki terkilir terjadi ketika Anda dipaksa untuk pindah dari posisi normal, yang dapat menyebabkan satu atau lebih ligamen pergelangan kaki meregang, robek parsial atau robek total.

Penyebab pergelangan kaki terkilir mungkin mencakup:

  • Terjatuh yang menyebabkan pergelangan kaki Anda terpelintir
  • Mendarat dengan cara yang janggal pada kaki Anda setelah melompat atau berputar
  • Berjalan atau berolahraga pada permukaan yang tidak rata

o Faktor Risiko
Faktor-faktor yang meningkatkan risiko terkilirnya pergelangan kaki meliputi:

  • Partisipasi olahraga. Keseleo pergelangan kaki adalah cedera yang umum pada olahraga. Olahraga yang memerlukan Anda berguling atau memutar kaki Anda, seperti basket, tenis, sepak bola, futsal dan trail running, dapat mengakibatkan Anda rentan terhadap keseleo pergelangan kaki, terutama jika Anda kelebihan berat badan. Melakukan olahraga di permukaan yang tidak rata juga dapat meningkatkan risiko.
  • Cedera pergelangan kaki sebelumnya. Ketika pergelangan kaki Anda pernah terkilir, atau jenis cedera pergelangan kaki lainnya, Anda akan lebih mudah untuk mengalami keseleo lagi.

o Komplikasi
Pergelangan kaki terkilir yang tidak diobati, dan kembali beraktivitas terlalu cepat setelah Anda mengalami cedera pergelangan kaki atau keseleo pergelangan kaki berulang, dapat mengakibatkan komplikasi berikut:

  • Nyeri berkepanjangan
  • Ketidakstabilan sendi pergelangan kaki yang berkepanjangan
  • Arthritis awal pada sendi yang bermasalah

o Persiapan Sebelum ke Dokter
Kebanyakan orang tidak akan mencari bantuan medis untuk kasus keseleo pergelangan kaki ringan. Jika Anda keseleo parah, dokter keluarga Anda dapat merujuk Anda ke dokter spesialis yang khusus menangani pengobatan tim olahraga atau bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan?
Andan dapat menyiapkan daftar pertanyaan yang mencakup:

  • Deskripsi rinci gejala Anda
  • Informasi tentang kondisi kesehatan yang Anda miliki, terutama cedera pergelangan kaki masa lalu
  • Informasi tentang kondisi kesehatan orang tua atau saudara kandung Anda
  • Semua obat-obatan dan suplemen makanan yang Anda konsumsi
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada dokter

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?
Dokter mungkin akan menanyai Anda beberapa pertanyaan berikut:

  • Bagaimana cedera Anda terjadi?
  • Kearah mana kaki Anda berputar ketika cedera Anda terjadi?
  • Dapatkah Anda bertumpu pada kaki itu?

o Tes dan Diagnosis
Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa titik nyeri. Dokter akan mengerakkan sendi Anda ke berbagai arah untuk memeriksa rentang gerak dan untuk melihat apakah posisi atau gerakan tertentu yang menjadi penyebab rasa sakit.

Jika cedera Anda parah, dokter mungkin akan merekomendasikan satu atau beberapa scan pencitraan berikut untuk menyingkirkan patah tulang atau untuk lebih mengevaluasi kerusakan jaringan lunak:

  • Sinar-X. Selama sinar-X, sejumlah kecil radiasi akan melewati tubuh Anda untuk menghasilkan gambar struktur internal tubuh Anda. Tes ini bagus untuk memeriksa tulang.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar rinci struktur internal tubuh termasuk cedera jaringan lunak.
  • CT scan. CT scan dapat mengungkapkan lebih rinci tentang tulang sendi. CT scan mengambil sinar-X dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk membuat gambar penampang struktur internal tubuh Anda.

o Perawatan dan Obat-obatan
Pengobatan untuk cedera pergelangan kaki tergantung pada tingkat keparahan cedera. Kebanyakan orang hanya mengobati luka mereka sendiri di rumah.

Pengobatan
Dalam kebanyakan kasus, obat non-preskripsi atau over-the-counter penghilang rasa sakit – seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lain-lain), naproxen (Aleve, dan lain-lain) atau acetaminophen (Tylenol, dan lain-lain) – cukup untuk mengatasi rasa sakit akibat pergelangan kaki terkilir.

Perangkat
Karena berjalan dengan pergelangan kaki terkilir mungkin akan menyakitkan, Anda mungkin perlu menggunakan kruk sampai nyeri reda. Dokter Anda mungkin juga akan menyarankan agar Anda menggunakan perangkat plastik yang dapat dilepaskan kembali seperti belat.

Terapi
Setelah pembengkakan mereda, ahli terapi fisik dapat membantu Anda melakukan latihan untuk memulihkan rentang gerak pergelangan kaki, kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan Anda.

Latihan keseimbangan dan stabilitas sangat penting untuk melatih otot-otot pergelangan kaki bekerja sama untuk menyokong sendi. Latihan-latihan ini mungkin melibatkan berbagai tingkat tantangan keseimbangan, seperti berdiri dengan satu kaki.

Jika pergelangan kaki Anda terkilir saat berolahraga atau berpartisipasi dalam olahraga, berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang kapan Anda dapat melanjutkan kembali aktivitas Anda. Anda mungkin perlu memakai alat penyokong pergelangan kaki atau bungkus pergelangan kaki untuk melindungi kaki Anda dari kemungkinan terjadinya cedera berulang.

Operasi dan prosedur lainnya
Jika sendi pergelangan kaki Anda tidak stabil, dokter dapat merujuk Anda ke spesialis muskuloskeletal untuk pemeriksaan. Anda mungkin perlu penopang atau walking boot untuk mengimobilisasi sendi Anda sehingga bisa sembuh dengan baik. Dalam kasus langka perobekan ligamen yang parah, terutama pada atlet elit, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi untuk mengobati kerusakan.

o Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Untuk perawatan individu segera terhadap keseleo pergelangan kaki, cobalah pendekatan R.I.C.E:

  • Rest atau istirahat. Hindari aktivitas yang menyebabkan nyeri, pembengkakan atau ketidaknyamanan.
  • Ice atau es. Gunakan kompres es atau mandi lumpur segera selama 15 sampai 20 menit dan ulangi setiap 2-3 jam ketika Anda bangun tidur. Jika Anda memiliki penyakit pembuluh darah, diabetes atau penurunan sensasi, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menggunakan es.
  • Compression atau kompres. Untuk membantu menghentikan pembengkakan, kompreslah kaki Anda dengan perban elastis sampai pembengkakan berhenti. Jangan menghalangi sirkulasi dengan membungkus terlalu erat. Mulailah membungkus mulai dari yang terjauh dari inti pergelangan yang sakit.
  • Elevation atau pengangkatan. Untuk mengurangi pembengkakan, angkatlah pergelangan kaki Anda agar tidak sejajar dengan jantung Anda, terutama pada malam hari. Gravitasi dapat membantu mengurangi pembengkakan dengan menguras kelebihan cairan.

o Pencegahan
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah pergelangan kaki terkilir.

  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga atau berpartisipasi dalam olahraga.
  • Hati-hati saat berjalan, berlari atau bekerja pada permukaan yang tidak rata.
  • Kenakan sepatu yang cocok dan dibuat sesuai untuk aktivitas Anda.
  • Jangan memakai sepatu hak tinggi.
  • Jangan mengikuti olahraga atau berpartisipasi dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan kondisi Anda.
  • Menjaga kekuatan otot yang baik dan fleksibilitas.
  • Lakukan latihan stabilitas, termasuk latihan keseimbangan.