Perhatikan Bagaimana Perawatan Pasca Operasi Ring Jantung (Stent)

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Sahabat Pembaca, jika seseorang sudah melakukan operasi ring jantung, maka sudahkah semua aman? Tentunya tidak ya sahabat, masih tetap butuh perawatan. Lalu bagaimana perawatan pasca operasi ring jantung?

Bagaimana Perawatan Pasca Operasi Ring Jantung?

Pemasangan ring atau stent bertujuan untuk melancarkan darah ke otot jantung, sehingga penderita dapat melakukan kegiatan seperti semula. Namun setelah dilakukan operasi pemasangan ring tentu membutuhkan perawatan sebagai berikut:

  1. Beristirahat total dari seluruh kegiatan berat yang akan memakan banyak waktu dan tenaga selama tiga bulan.
  2. Fokus mengurangi berat badan tubuh dengan mengurangi makan atau diet. Mengatur pola makan yang baik dan seimbang.
  3. Mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, khususnya dari daging merah atau daging hewan berkaki empat seperti daging sapi, daging kambing, serta jeroan.
  4. Rutin mengkonsumsi buah khususnya tomat dan apel, sayur, dan makanan berserat. Mengurangi asupan gula dan garam ketika makan.
  5. Mengurangi jumlah kalori dalam makanan ketika makan sehari-hari.
  6. Rutin makan makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seperti salmon yang kaya akan asam lemak omega 3, minyak zaitun yang sangat bermanfaat untuk menurunkan LDL, aneka makanan dari gandum, dan oat.
  7. Minum teratur obat yang diberikan oleh dokter.
  8. Tidur yang cukup dan jangan biasakan begadang karena itu sangat merusak kesehatan jantung.
  9. Menghentikan total kebiasaan merokok, minuman bersoda, minum alkohol, dan obat-obatan terlarang.
  10. Rutin melakukan USG jantung untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung dari hari ke hari.
  11. Menjaga tekanan darah yang standar <140/90 mmHg.
  12. Melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol darah secara rutin dan berkala.
  13. Rutin berolahraga khususnya bersepeda, renang, dan senam. Tapi jangan melakukan olahraga yang berat dan bisa membuat tubuh terasa down.

Dari tujuan pemasangan ring jantung, tapi faktanya tetap ada efek samping atau sisi negatif dari pemasangan jantung ini. Pemasangan ring pada jantung biayanya mahal sehingga perlu pengorbanan lebih untuk melakukannya. Selain itu dalam segi kedokteran, setidaknya ada sisi negatif pemasangan ring pada jantung seperti tekanan darah yang menurun atau tidak normal, besar kemungkinan terjadi pembekuan darah, pecahnya ring pada jantung karena terjadi penyumbatan yang sangat keras, sehingga harus melakukan operasi bypass untuk menyelamatkan penderitanya sebab jika terlambat akan sangat mengancam kematian. Penderita juga sangat dimungkinkan terjadi pembekuan darah dan reaksi tertentu pasca pemasangan ring.

Demikian informasi mengenai perawatan pasca operasi ring jantung. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca untuk menjaga kesehatan jantung secara baik adanya. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY