Perhatikan Cara Membuat Bayi Bersendawa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa bingung saat bayi sering gumoh dan muntah? Bisa jadi bayi Anda tidak bersendawa dan terlalu kenyang karena minum ASI. Lalu bagaimana cara membuat bayi bersendawa? Artikel berikut akan memberikan solusinya.

Bagaimana Cara Membuat Bayi Bersendawa?

Bayi sering mengalami gumoh karena kekenyangan ASI. Maka beberapa cara aman agar bayi sendawa ialah sebagai berikut:

  • Gendong Bayi di Dada

Gendong bayi di dada dengan posisi dagu menempel pada bahu penggendongnya. Pegang bagian belakang kepala bayi dan bahu menggunakan satu tangan. Gosok dan tepu-tepuk punggung bayi dengan tangan lain.

  • Dudukkan Bayi di Pangkuan

Dudukkan bayi berada di pangkuan penggendong sehingga posisi bayi membelakangi penggendong. Pakailah satu tangan sehingga dapat menopang tubuh bayi dengan posisi telapak tangan di dada dan jari-jari penggendong memegang dagu dan rahang bayi. Arahkan tubuh bayi ke depan, gosok dan tepuk punggung bayi menggunakan tangan yang lain.

  • Telungkupkan di Lengan

Telungkupkan bayi berada di lengan penggendongnya dengan menggunakan posisi telapak tangan yang memegang selangkangannya. Arahkan tubuh bayi dekat dengan tubuh penggendong sehingga keseimbangan terjaga dan biarkan kepala lebih tinggi berada pada posisi lebih tinggi dari tubuhnya. Gosok dan tepuk punggung bayi dengan cara yang lembut sehingga tubuhnya diayun-ayun.

  • Gendong Bayi dengan Melayang

Posisikan tangan bayi untuk menopang leher dan kepala, kemudian tangan yang satu mehanan bokong. Pastikan posisi dagu bayi melewati bahu bayi sehingga dapat bernafas dengan leluasa.

  • Berikan Sapu Tangan di Dagu

Penggendong dapat menepuk perlahan punggung bayi hingga bersendawa, pastikan sapu tangan dipasang di dagu sehingga ketika bayi gumoh baju penggendongnya tidak kotor.

  • Topang Bayi dengan Satu Tangan

Anda dapat menggendong bayi dengan satu tangan di bagian dada, ibu jari dan telunjuk menahan dagu dan tangan bayi. Tangan satunya menahan punggung bayi mengangkat badan bayi secara perlahan dan badannya diregangkan.

  • Posisikan Bayi Seperti Menunggang Kuda

Anda bisa membuat bayi bersendawa dengan menggunakan satu lengan berada diantara kedua kaki bayi. Kemudian tahan badan bayi mirip seperti menunggang kuda. Kepala bayi bisa diarahkan ke ujung tangan dan lengan berada pada posisi yang berlawanan seperti memeluk bayi sehingga posisi kepala seperti bersandar pada lengan penggendongnya.

Bersendawa dapat membuat ASI yang tertahan pada tenggorokan bayi bisa turun ke dalam perut bayi. Pastikan bayi tidak gumoh karena akan mengotori bayi dan membuat bayi tidak nyaman ketika akan menyusu lagi.

Demikian informasi mengenai cara membuat bayi bersendawa. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para Pembaca. Menggendong bayi agar bisa bersendawa masih sering dihiraukan, khususnya oleh ibu yang baru punya anak pertama kali. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY