Perhatikan Cara Mencukur Bulu Kemaluan dengan Benar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria dan wanita memiliki alat kelamin yang berbeda termasuk bentuk, struktur kegunaan dan fungsinya. Tentu saja perawatannya juga berbeda. Vagina yang dimiliki oleh wanita mudah terkena infeksi dan iritasi, berbeda dengan penis yang dimiliki oleh pria karena sebagian besar kulit penis cukup tebal sehingga lebih tahan terhadap iritasi dan infeksi.

Salah satu perawatan alat kelamin ialah dengan cara mencukur bulu yang tumbuh pada daerah kelamin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan kelamin. Untuk itu marilah kita cari tahu langkah-langkah membersihkan bulu kelamin dengan benar.

  • Gunakan pisau cukur yang masih baru. Semakin baru pisau cukur Anda, semakin baik hasil kerjanya. Gunakan pisau cukur yang memiliki banyak mata pisau, fitur yang bagus dan semacam gel pada sisi-sisi pisau cukur untuk mengurangi kebutuhan Anda akan pelumas pada saat pencukuran. Tidak peduli apa pun warnanya, jika pisau cukur tersebut tajam dengan mata pisau tiga atau lebih, maka pisau cukur itu tidak hanya akan lebih mudah untuk Anda gunakan, namun juga lebih aman untuk kulit Anda.
  • Perhatikan kebersihan alat cukur. Perlu diketahui, alat cukur yang telah digunakan simpan dalam tempat yang bersih dan kering, jangan di tempat yang lembab dan jangan menggunakannya secara bergantian bahkan dengan suami/isteri.
  • Tarik kulit Anda dengan kencang. Apabila kulit Anda kendur, Anda akan melukai diri sendiri. Pisau cukur hanya dapat bekerja dengan baik pada permukaan yang hampir rata. Regangkan kulit Anda dengan kencang menggunakan tangan yang bebas dan pegang dengan kuat, membuat Anda mudah melihat target yang harus dicukur.
  • Jangan mencabut bulu kemaluan. Hindari membersihkan bulu di daerah kemaluan dengan cara mencabut karena akan ada lubang pada bekas bulu kemaluan tersebut, karena akan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur. Selanjutnya dapat menimbulkan iritasi dan penyakit kulit.
  • Cukurlah dengan perlahan dan lembut. Mencukur mengikuti arah tumbuh rambut akan mencegah iritasi dan rambut yang tumbuh ke dalam. Sementara mencukur melawan arah tumbuh rambut akan menyebabkan hasil yang lebih pendek.
  • Jangan memotong bulu secara habis. Perawatan bulu itu disarankan untuk dirapikan saja dengan memendekkan, dengan gunting atau dicukur tetapi sebelumnya menggunakan busa sabun terlebih dahulu, menggunakan alat cukur khusus yang lembut, dan sudah dibersihkan dengan sabun juga air panas. Akan tetapi menghilangkannya sama sekali juga tidak baik, kenapa? Karena hadirnya bulu atau rambut di sekitar kemaluan ternyata mempunyai banyak fungsi untuk kesehatan kita.

Adapun beberapa manfaat atau fungsi dari tumbuhnya bulu-bulu di sekitar kemaluan kita diataranya :

  1. Memberikan kehangatan.
  2. Sebagai penampakan dari proses kematangan seksual (pubertas).
  3. Mengurangi gesekan saat berhubungan intim.
  4. Pelindung wilayah di daerah tempat tumbuhnya rambut kemaluan ini karena wilayah ini cukup sensitif (terutama vagina).
  5. Pengumpulan dari pengeluaran feromon (zat kimia yang mengatur perilaku seks).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY