Perhatikan Dampak Paparan Polusi Udara pada Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, hampir setiap hari kita merasakan polusi udara di luar ruangan ya? Pernahkah Anda berpikir jika paparan polusi udara itu berdampak buruk bagi tubuh? Jika pernah, sebenarnya apa saja ya dampaknya?

Tahukah Sahabat jika WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia sudah memberikan data bahwa kini sudah lebih dari tiga juta manusia di dunia meninggal karena paparan polusi udara, dan ironisnya sebanyak 600 ribu diantaranya ialah anak-anak. Ternyata asap dari industri atau pabrik, pengolahan pertanian, kendaraan atau alat transportasi, dan polusi dapur di rumah sangat mengancam kematian. Asupan udara yang kotor sangat merusak kesehatan manusia.

Bagaimana Dampak Paparan Polusi Udara Bagi Kesehatan Tubuh?

Ada banyak dampak yang dihasilkan bagi tubuh manusia dari paparan polusi udara yang dihirup secara terus-menerus dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dampak tersebut ialah sebagai berikut:

  • Dampak dari Senyawa Partikulat dari Udara Kotor

Dalam polusi udara yang setiap hari harus dihirup oleh jutaan manusia yang hidup di kota banyak mengandung PM atau partikulat. Partikulat tersebut ialah nitrat, sulfat, amonia, natrium, klorida, mineral debu, karbon hitam, dan air. Partikel tersebut dapat merusak kesehatan tubuh seperti bahaya terjadinya infeksi saluran pernapasan bagi anak-anak dan segala usia. Bahkan polusi udara yang diakibatkan oleh bahan bakar sangat berpotensi untuk mengakibatkan penyakit jantung dan kanker paru-paru.

  • Dampak dari Ozon atau (O3)

Ozon dalam jumlah berlebihan yang terdapat di udara yang sudah berpolusi sangat mengancam kesehatan pernapasan dan memicu terjadinya penyakit seperti asma dan lainnya. Bahkan saat ini di Eropa sudah melaporkan hasil bahwa penyebab penyakit jantung yang sangat krusial ialah adanya ozon di udara bebas setiap hari.

  • Dampak dari Nitrogen dioksida (NO2)

Konsentrasi NO2 dihasilkan dari adanya upaya pemanasan, pembakaran mesin kendaraan, kapal, dan pembangkitan listrik. Nitrogen dioksida ini sangat beracun bagi saluran pernapasan. Waspadalah jika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bronchitis karena bisa berkembang menjadi asma dalam jangka panjang.

  • Dampak dari Sulfur dioksida (SO2)

Konsentrasi SO2 merupakan jenis gas yang tidak memiliki warna dan memiliki bau yang sangat tajam. Pembakaran bahan bakar fosil, peleburan bijih mineral, batu bara, dan minyak sangat banyak mengandung sulfur. S02 ini sangat berpengaruh bagi kesehatan paru-paru, mengakibatkan iritasi mata, sekresi lender, bronkitis kronis, asma, infeksi saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

  • Dampak dari Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida ini sangat menghambat penyerapan oksigen dalam darah sehingga sangat besar kemungkinan terjadi penurunan pengiriman oksigen menuju jantung, bagi orang yang sudah memiliki dasar penyakit jantung hal ini sangat berbahaya.

Demikian informasi mengenai dampak paparan polusi udara pada tubuh, semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here