Perhatikan Panduan Pemberian Susu Formula pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat pembaca, pernahkah Anda membaca panduan pemberian susu formula untuk bayi? Ataukah Anda ialah orangtua yang langsung memberikan susu formula kepada anak Anda tanpa memperhatikan panduannya? Artikel berikut akan menjadi salah satu referensi Anda.

Beberapa Panduan Pemberian Susu Formula

Tentunya ASI dan pemberian susu formula selalu membutuhkan perhatian. Baik itu untuk kapan memberikan, kebersihan peralatan seperti botol, cara penyimpanan susu formula, dan masih banyak lagi. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ialah sebagai berikut:

  • Takaran Pemberian Susu Formula

Pemberian susu formula sangat membutuhkan takaran untuk ukuran dan frekuensinya. Susu formula lebih sulit dicerna oleh bayi ketimbang ASI, sehingga bayi hanya perlu diberikan susu formula sebanyak beberapa kali saja tidak sama frekuensinya dengan pemberian ASI kepada bayi.

Bayi diberikan susu formula harus setahap demi tahap karena ukuran lambung bayi sangatlah kecil dan semakin lama semakin berkembang. Setelah beberapa hari setelahnya, maka bayi dapat menghabiskan susu formula sebanyak 60-90 ml. Bayi dapat menghabiskan susu formula sebanyak 3-4 jam sekali per harinya.

Setelah bayi berusia satu bulan pertama, maka bayi bisa tidur lebih lama sekitar 4-5 jam sehingga mulai melewatkan jam minum susu. Ketika bayi berusia 1 bulan, ia dapat mungkin menghabiskan susu sekitar 120 ml setiap kali menyusu dengan frekuensi sekitar 4 jam sekali.

Ketika bayi berusia 6 bulan, maka bayi menghabiskan 180-240 ml susu per 4-5 jam sekali sebab lambung sudah mulai membesar. Meskipun kebutuhan bayi berbeda dan tidak bisa disamakan.

  • Rutin Membersihkan Botol Bayi

Botol susu formula harus lah dicuci bersih secara rutin sebelum memberikan susu formula kepada bayi. Seluruh bagian botol, seperti tutup botol serta dot bayi juga harus dibersihkan secara nyata. Cara membersihkannya dengan air hangat dan sabun setelah dan sebelum pemakian. Bersihkan dengan menggosoknya menggunakan sikat khusus botol.

  • Pilih Botol Khusus Bayi

Anda bisa memilih botol susu bagi bayi yang memiliki label BPA-free sehingga terbuat dari plastik polietilen dan polipropilen yang aman. Supaya lebih aman, ada baiknya Anda jangan merebus botol, memasukkan ke dalam mesin cuci piring atau microwave sebab temperatur tinggi membuat bahan kimia dari plastik botol susu terlepas dari botol.

  • Cara Pembuatan Susu Bayi

Sebelum membuat susu bagi anak, ada baiknya mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun. Kemudian Anda bisa mengikuti petunjuk menyajikan susu dalam kemasan. Ikuti berapa sendok susu yang harus diambil sesuai dengan keterangan di kemasan. Jangan memberi bayi susu yang terlalu encer dan kental karena tidak baik untuk bayi. Pastikan air yang dipakai bersih dari segala macam penyakit.

  • Cara Menyimpan Susu

Ketika membeli susu, pastikan memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Pilihlah kemasan susu yang masih bagus dan tidak rusak.

Demikian informasi mengenai panduan pemberian susu formula pada bayi. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here