Perhatikan Pemeriksaan HPV DNA untuk Kanker Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat setia, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana pemeriksaan HPV untuk kanker serviks? Tentu hal ini menjadi salah satu yang penting bagi wanita karena memang penyakit kanker serviks ini merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh para wanita dimana pun berada.

Apa yang Dimaksud dengan Pemeriksaan HPV DNA untuk Kanker Serviks?

  • HPV atau Human Papiloma Virus

HPV atau Human Papiloma Virus merupakan virus yang menimbulkan kutil di tubuh, baik itu di bagian kaki, tangan, dan alat kelamin. Ada 120 tipe HPV dimana dengan jumlah 40 tipe tumbuh di sekitar alat kelamin. Dengan jumlah 2/3 pun merupakan HPV beresiko tinggi dan menjadi penyebab kanker serviks.

  • Pemeriksaan HPV-DNA

Kini sudah ada pemeriksaan yang disebut dengan pemeriksaan HPV-DNA dan yang sudah disetujui oleh FDA. Ada beberapa gejala pada awal pemeriksaan sebelum dapat dideteksi secara dini dan diharapkan untuk segera mendapat penanganan. Kini pun sudah dikembangkan pemeriksaan HPV-DNA yang mana merupakan pemeriksaan molekuler dengan metoda hybrid capture II untuk mendapatkan persetujuan Food and Drug Administration (FDA) dan dapat mendeteksi adanya DNA Human Papilloma Virus (HPV) yang memiliki risiko tinggi sebagai bahan pemeriksaan lebih lanjut penyakit serviks.

  • Jenis HPV

Menurut penelitian, kini sudah ada 13 jenis HPV yang sangat berisiko tinggi, dan terbukti bisa dideteksi dengan HPV-DNA. FDA sudah memberikan persetujuan dilkukannya HPV-DNA bersama dengan Pap Smear untuk melakukan periksa primer kanker serviks bagi wanita yang berumur di atas usia 30 tahun. HPV-DNA sangat dianjurkan jika hasil dari pemeriksaan Pap Smear tidak jelas atau sulit dideteksi.

  • Pencegahan Kanker Serviks dengan Vaksin

Sekarang ini diberikan vaksinasi pencegahan infeksi HPV yang memiliki risiko tinggi tapi hanya dapat melindungi 2 tipe HPV. Vaksin dapat melindungi kanker serviks dan tipe HPV dengan skrining atau pemeriksaan dini. Pemeriksaan dini bisa dilakukan dengan Pap Smear dan HPV-DNA tetap menjadi rekomendasi yang sangat penting setiap bagi setiap wanita yang sudah mendapatkan vaksin. Setiap wanita dengan sitologi serta HPV DNA positif dengan tingkat prakanker atau kanker ialah 19,7 persen dan tingkatan positif sitologi hanya 3 persen untuk dua kali HR HPV DNA sebagai HPV persisten, tingkat prakanker atau kankernya ialah 11,7 persen.

Keseluruhan sensitivitas tes DNA HPV untuk penanganan precancers dan kanker serviks sebanyak 93,3 persen akurat dibandingkan jika hanya melakukan pengujian sitologi yang besarnya hanya 40 persen saja tingkat kebenarannya. Pendekatan yang dilakukan dapat dengan skrining kanker serviks dengan metode DNA HPV sangat positif serta cepat atau kolposkopi yaitu dalam satu tahun untuk mengindikasi adanya precancers dan kanker.

Demikian informasi mengenai pemeriksaan HPV DNA untuk kanker serviks. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca untuk mau ikut serta melakukan pemeriksaan ini. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY