Perkembangan Balita, Umur 12 Bulan Seharusnya Anak Bisa Jalan

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bayi akan mencapai perkembangan yang signifikan di tahun pertama dan kedua. Bayi yang semula hanya berbaring di tempat tidur, seiring berjalannya waktu akan berdiri dan berjalan. Namun berbagai tahapan harus dijalani bayi terlebih dahulu dalam masa perkembangannya. Lantas usia berapakah bayi seharusnya sudah bisa berjalan?

Bayi pada dua tahun pertama akan mengembangkan kekuatan otot di tubuhnya. Si kecil mulai belajar untuk duduk, berguling-guling, merangkak, sesekali berdiri, hingga akhirnya berjalan. Tidak dipungkiri jika  proses perkembangan dan usia masing-masing balita ketika berjalan, bisa saja mengalami perbedaan.

Hanya saja ada patokan yang dapat menjadi acuan bagi orang tua guna memantau perkembangan balitanya, mulai dari duduk hingga bisa berjalan. Di rangkum dari berbagai sumber, berikut ini perkembangan bayi mulai dari duduk hingga berjalan.

Bayi mulai duduk diusia 4-7 bulan

Bayi seharusnya bisa duduk sendiri sekitar umur 4 hingga 7 bulan. Perkembangan otot yang terjadi pada tubuhnya mampu mendukung bayi untuk melakukan hal tersebut. Stimulasi yang dapat diberikan orangtua untuk mengajaknya bermain, seperti menyusun sesuatu atau menggelindingkan bola.

Kemudian pada umur enam bulan, orangtua diperbolehkan memegang bayi lantas membiarkannya melompat-lompat di paha. Melompat adalah aktivitas favorit bayi selama belum bisa berjalan. Meski demikian orangtua tetap harus menjaga bayi agar tidak menimbulkan cedera atau luka.

Bayi mulai merangkak di usia 7-10 bulan

Bayi pada usia antara 7 hingga 10 bulan, seharusnya mulai merangkak. Perkembangan ini sangat berguna untuk melatih pergerakan tangan dan kaki, secara bersamaan. Apabila tangan dan kakinya lelah, maka sesekali bayi juga akan merangkak menggunakan perutnya.

Stimulasi yang dapat diberikan pada bayi antara lain membiasakannya merangkak dari satu tempat ke tempat lain. Orangtua juga dapat menyemangati bayi dengan memberikan mainan di tempat yang agak jauh. Tujuannya agar bayi merangkak untuk mencapai mainan tersebut.

Bayi mulai mengangkat dirinya dengan bantuan di usia 8-9 bulan

Bayi di sekitar usia 8 hingga 9 bulan, mulai tumbuh lebih kuat. Pada perkembangan ini bayi mulai mengangkat dirinya sendiri, dengan bantuan orang-orang atau perabotan di sekitarnya. Cara tersebut dapat membuat bayi merasakan nyaman dengan posisi berdiri.

Stimulasi yang bisa diberikan orangtua antara lain membantu menarik tubuh bayi, jika telah berada pada posisi berdiri. Ketika berdiri, bayi mungkin merasa kesulitan untuk duduk kembali. Orangtua jangan langsung membantu bayi ke posisi duduk, namun ajari cara menekuk lutut agar kembali ke posisi duduk.

Bayi mulai berjalan dengan bantuan di usia 8-9 bulan

Bayi pada usia sekitar 8-9 bulan seharusnya sudah bisa berjalan, meski dengan bantuan. Si kecil sudah mampu mengangkat dirinya sendiri, kemudian mengambil ancang-ancang untuk berjalan. Stimulasi yang dapat diberikan orangtua antara lain dengan menatih bayi agar semakin terbiasa menapakkan kaki.

Bayi mulai merambat diusia 8-9 bulan

Selain bisa berjalan dengan bantuan, bayi pada usia 8-9 bulan seharusnya juga dapat berjalan dengan cara merambat pada perabotan atau tembok. Stimulasi yang dapat diberikan orangtua antara lain dengan selalu memuji kemampuan bayi, agar terus percaya diri.

Namun orangtua perlu memastikan agar tempat pijakan empuk, sehingga bayi tidak mengalami sakit apabila sewaktu-waktu terjatuh. Orangtua juga perlu memastikan bahwa perabotan rumah tangga yang akan dipegang bayi ketika merambat, dalam kondisi yang kuat. Jangan sampai bayi justru terjatuh saat memegang perabotan yang tak kuat menopang tubuhnya.

Bayi mulai berdiri tanpa bantuan diusia 9-12 bulan

Tahapan ini adalah bagian terpenting bagi bayi sebelum berjalan. Bayi yang telah dapat berdiri tanpa bantuan, berarti sudah mempunyai keseimbangan sebagai bekalnya untuk berjalan. Biasanya tahapan ini terjadi pada usia 9-12 bulan.

Bayi mulai berjalan sendiri diusia 12-18 bulan

Setelah berbagai tahap panjang dilalui, akhirnya bayi dapat berjalan sendiri diusia sekitar 12-18 bulan. Ketika baru mau berjalan mungkin bayi agak kehilangan keberaniannya, sehingga lebih memilih untuk merangkak kembali. Namun perlahan-lahan bayi akan percaya diri, sekaligus berjalan sendiri dengan tumpuan kedua kakinya. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY