Perkembangan Janin di Trimester Kedua

Masa kehamilan di trimester kedua merupakan masa-masa penting dalam kehamilan karena pada masa tersebut perkembangan janin sudah mulai terlihat serta organ-organ penting mulai berkembang dengan baik. Mual dan muntah sudah mulai mereda, emosi sudah mulai stabil, dan gairah seksual juga sudah kembali normal. Pada kehamilan trimester kedua, perkembangan janin ditandai dengan pembentukan beberapa bagian tubuh seperti kaki dan pergelangan kaki. Anda juga sudah bisa merasakan gerakan pertama calon bayi.

Bulan ke empat

Perkembangan janin di usia kehamilan 4 bulan diisi dengan pematangan bagian tubuh janin. Tulang telinga sudah mulai terbentuk dan mengeras pada periode ini. Janin bahkan sudah bisa mendengarkan beberapa suara dari luar. Pendengaran janin akan sempurna sampai usia kehamilan 7 bulan, tetapi pada periode 4 bulan ini, bayi sudah mulai bereaksi terhadap beberapa suara, terutama suara ibunya. Paru-paru juga sudah mulai tumbuh dengan sempurna. Pada periode ini, paru-paru bahkan sudah mulai belajar bernapas. Wajah dan telinga bagian luar sudah terbentuk. Bayi di usia kehamilan ini sudah bisa melakukan beberapa gerakan. Walaupun bayi pada periode ini belum bisa melihat, tetapi bayi sudah sensitif terhadap cahaya. Kulit kepala dan alis juga sudah mulai tampak. Ukuran janin pada periode ini sekitar 5.5 inci dan detak jantung bayi sudah mulai bisa dirasakan.

Bulan kelima

Panca indera bayi pada usia kehamilan 5 bulan mulai aktif dan sensitif. Kulit bayi menjadi lebih sensitif terhadap rangsangan, begitu juga dengan indera perasanya. Bayi juga sudah bisa merespon beberapa suara dan mata bayi juga sudah mulai berkembang. Seiring dengan perkembangan organ dalam dan indera, janin pada periode ini juga sudah mulai mengembangkan suatu perlindungan terhadap lingkungannya yang disebut vernix caseoda. Vernix caseoda adalah zat putih yang menutupi kulit janin (saat di dalam rahim) dan untuk melindungi janin. Ginjal sudah terbentuk dan membuatnya bisa menghasilkan urin. Pada akhir bulan ke 5, ukuran janin mencapai sekitar 7.4 inci. Di usia kehamilan 5 bulan, janin telah menempel dengan kuat pada rahim sehingga risiko keguguran sangat kecil. Namun demikan, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi akan sangat membantu dalam menjaga kondisi Anda dan kondisi janin dalam kandungan.

Bulan keenam

Di usia 6 bulan kehamilan, pertumbuhan tulang semakin kuat. Lengan dan jemari juga sudah berkembang dengan baik. Otak berkembang dengan cepat dan semua sel otak mulai matang seiring dengan perkembangan organ seksual secara penuh. Panjang janin mencapat 33 cm dan beratnya mencapai 570 gram. Pada usia ini janin sudah tidak dapat bergerak leluasa, karena rahim sudah mulai terisi penuh. Janin berada dalam posisi meringkuk, kedua tangan didepan dagu dan kaki tertekuk di depan dada. Otak janin mulai menunjukkan reaksi ketika disentuh. Jika perut disorot cahaya, bayi akan memalingkan kepalanya. Hal ini menandakan serat optik di dalam otak bayi berjalan dengan baik. Janin juga terus melakukan pernapasan kecil untuk bersiap saat kelahiran nanti. Bayi sudah bisa mendengar suara di luar rahim juga mengingat suara ayah ibunya. Hal ini dikarenakan tulang telinga bagian dalam menjadi semakin matang sehingga pendengaran bayi semakin tajam.

 *pic konsultasi-kehamilan.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here