Perkembangan Janin di Trimester Ketiga

Pada fase kehamilan trimester ketiga, ada banyak perubahan yang terjadi baik pada ibu maupun janin. Pertumbuhan janin di trimester ketiga adalah periode penyempurnaan organ-organ janin berserta fungsinya. Persiapan fisik dan mental calon orang tua harus dimaksimalkan untuk mendukung kelancaran proses persalinan. Calon ibu juga harus mulai tahu bagaimana caranya mempersiapkan segalanya pada kehamilan yang memasuki trimester ketiga.

Bulan Ketujuh

Di bulan ketujuh, ada beberapa perubahan signifikan yang terjadi seperti kontraksi dan rasa kaku pada perut, nyeri atau pegal pada persendian tulang belakang. Naluri keibuan ibu juga semakin meningkat di periode ini. Bayi sudah mampu mendengar secara optimal sehingga menjadi lebih responsif terhadap suara, cahaya, bahkan rasa sakit. Bayi dapat merespons terhadap rangsangan berupa cahaya dan suara dengan cara mengubah posisi atau bergerak. Bayi akan terus membuka dan menutup matanya di dalam kandungan. Janin bayi pada usia 7 bulan ini mungkin sudah bisa melihat apa yang sedang terjadi di dalam kandungan dan rahim sang ibu. Rambut bayi mulai tumbuh, begitupun dengan alis dan bulu matanya. Mata yang sebelumnya masih tertutup sudah dapat terbuka. Lemak mulai tersimpan di tubuh bayi pada akhir usia kehamilan 7 bulan, sehingga tinggi bayi mencapai 36 cm dan berat badan sekitar 900-1800g. Indera perasanya juga sudah hampir sempurna sehingga janin bisa merasakan apa yang ibu makan.

Bulan Kedelapan

Pada usia kehamilan 8 bulan, janin tumbuh dengan pesat terutama otaknya. Maka dari itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan otak, ibu hamil sangat disarakan untuk mengkonsumsi suplemen dan makanan bergizi, terutama yang mengandung omega 3. Mata janin sudah berfungsi sehingga janin sudah dapat melihat fokus dan bahkan berkedip. Bayi akan terus membuka dan menutup matanya di dalam kandungan sehingga janin mungkin sudah bisa melihat apa yang sedang terjadi di dalam kandungan dan rahim sang ibu. Paru-paru janin masih berkembang sehingga belum bisa berfungsi secara normal, tetapi seluruh badan dan organ sudah tumbuh dengan maksimal. Ari-ari (plasenta) janin dibalut dengan cairan seperti gelatin, jadi walaupun bayi bergerak, plasenta tidak akan membelit. Ukuran janin pada periode ini sekitar 12 inci dan beratnya mencapai 2,5 kg. Penyempurnaan bentuk wajah, juga terjadi pada usia ini. Hal tersebut ditandai dengan terbentuknya ujung hidung dan bibir atas, sedangkan bakal kelopak mata dan mata telah terbentuk namun posisinya masih berjauhan.

Bulan Kesembilan

Usia kehamilan 9 bulan adalah usia persiapan matang janin agar janin siap dilahirkan. Beberapa perkembangan detail yang berkaitan dengan kelahiran sudah mulai nampak. Secara umum, janin telah berkembang mendekati bentuk bayi yang sempurna. Bulan ke sembilan adalah masa di mana paru-paru janin akan berkembang secara maksimal sampai siap untuk menghirup udara luar. Rambut halus janin sudah mulai tumbuh dan kulitnya juga sudah bisa melindungi janin. Mata janin sudah berwarna namun masih akan berubah-ubah dalam enam bulan kedepan. Janin masih mendapat perlindungan dari plasenta, karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. Janin akan tumbuh sekitar 14-15 inci dengan berat sekitar 3 sampai 4 kg.

Pada usia kehamilan ini, sebaiknya ibu tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan memfokuskan perhatiannya pada proses persalinan. Asupan makanan bergizi harus tetap diperhatikan, agar ibu tetap sehat dan bayi lahir dengan selamat. Lama masa kehamilan yang normal adalah 9 bulan 10 hari. Namun hanya 5 % ibu hamil yang melahirkan sesuai dengan hari perkiraan lahir yang dihitung oleh dokter. Kelahiran bisa mundur atau maju hingga 2-3 minggu.

*pic bayibarulahir.blogspot.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here