Perkembangan Janin di Trimester Pertama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi sebagian besar calon ibu, masa kehamilan adalah masa penuh dengan keajaiban, kebahagiaan, masa yang penuh dengan rasa keingintahuan yang besar. Kehamilan dimulai dari proses pembuahan (konsepsi) sampai sebelum janin lahir. Kehamilan normal berlangsung selama 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari), dihitung mulai dari hari pertama menstruasi terakhir. Masa kehamilan terbagi menjadi tiga trimester, yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga. Masa kehamilan trisemester satu terjadi selama 12 minggu terhitung sejak hari pertama ibu terakhir mengalami menstruasi.

Proses pematangan telur dipengaruhi oleh hormon. Setiap bulannya, indung telur wanita usia subur akan menghasilkan satu atau dua telur matang, yang disebut ovum. Sekitar 14 hari sebelum haid akan terjadi proses pelepasan telur yang matang dari indung telurnya. Proses ini dinamakan ovulasi. Telur inilah yang siap dibuahi oleh sperma. Proses bersatunya inti ovum dan inti sperma disebut konsepsi (pembuahan). Dalam perjalanan dari ovarium menuju ke rahim, sel telur akan terus membelah diri membentuk suatu massa sel, yang disebut blastosis. Setelah tiba di rahim, blastosis akan menempel (implantasi) di dinding rahim. Proses konsepsi ini merupakan awal dari proses kehamilan.

Bulan pertama

Pada bulan pertama, sel kecil yang sudah dibuahi sperma disebut embrio. Besarnya hanya sebesar biji opium atau hanya seperti sebuah titik. Plasenta juga sudah terbentuk, dan tali pusar sudah berfungsi sebagai penghantar nutrisi dan oksigen untuk janin. Bagian mulut, rahang bawah dan tenggorokan janin juga berkembang pada masa ini. Kedua mata sudah tampak terlihat seperti lingkaran hitam. Sel darah mulai terbentuk dan sirkulasi darah juga mulai terjadi. Ukuran janin dibulan pertama kurang lebih sekitar 6-7 mm atau seperti sebutir beras.

Bulan kedua

Di bulan kedua, pertumbuhan embrio terjadi sangat pesat. Saat mendekati akhir bulan kedua, semua organ penting dan sistem saraf tubuh telah tumbuh. Raut muka dan bagian utama otak sudah mulai berkembang. Telinga, tulang dan otot di bawah kulit yang tipis juga mulai terbentuk. Jari, jari kaki, dan mata juga terbentuk di bulan kedua kehamilan. Tabung saraf (otak, saraf tulang belakang, dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat) juga terbentuk dengan baik di bulan kedua kehamilan. Saluran pencernaan dan organ indera mulai berkembang. Embrio mulai bergerak, meskipun ibu belum bisa merasakannya. Di akhir bulan kedua, bayi akan terlihat seperti bayi mini di kandungan ketika Anda melakukan pemeriksaan USG.

Bulan ketiga

Di akhir kehamilan trimester pertama, bayi sudah berkembang dari embrio menjadi janin (fetus). Bayi sudah mempunyai jari tangan, kaki dan kuku yang lunak. Tulang bayi mulai mengeras. Bayi bergerak spontan, tetapi biasanya gerakan ini belum terasa. Mata bayi juga sudah mulai besar dan terbuka. Daun telinga luar juga sudah mulai terbentuk. Rambut juga mulai tumbuh. Di bulan ketiga ini, bayi telah tumbuh sepanjang 10cm dengan berat sekitar 100 g. Organ reproduksi bayi juga sudah berkembang, namun jenis kelamin bayi masih sulit untuk dibedakan ketika pemeriksaan USG.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here