Perkembangan Janin pada Kehamilan Trimester Pertama

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda telah mendambakan kehamilan dalam jangka waktu yang lama, apa yang Anda rasakan ketika Anda mendapatkan kabar bahwa Anda tengah mengandung? Pastinya Anda sangat bahagia bukan ? Ketahuilah, pada trimester pertama, janin Anda mulai dibentuk di dalam rahim.

Tahapan kehamilan pada trimester pertama yang perlu Anda ketahui :

  • Kehamilan pada bulan pertama

Pada bulan ini, kantung ketuban mulai terbentuk di sekitar sel telur yang sudah dibuahi. Salah satu fungsi kantung ketuban adalah untuk melindungi embrio yang sedang tumbuh pada masa kehamilan. Pada bulan ini, plasenta juga mulai dibentuk sebagai organ untuk mentransfer nutrisi dari ibu dan kotoran dari janin. Pada akhir bulan pertama, ukuran janin Anda adalah 6 – 7 mm.

  • Kehamilan pada bulan ke dua

Pada bulan kedua, wajah bayi Anda mulai dibentuk dan telinga dimulai dengan beberapa bagian kulit di samping kepala. Lengan, kaki, jari tangan, jari kaki dan mata juga dibentuk pada usia dua bulan kehamilan. Tabung saraf yang berisi organ-organ vital juga mulai dibentuk dengan baik. Saluran pencernaan dan sistem sensorik juga mulai berkembang secara baik, tulang rawan mulai berubah menjadi tulang keras. Pada bulan kedua ini, bayi sudah mulai bergerak tapi ibu belum bisa merasakannya. Ukuran bayi Anda pada bulan ini sekitar 20-30 mm dan beratnya 9-10 gram.

  • Kehamilan pada bulan ke tiga

Pada akhir bulan ke tiga, bayi Anda sudah terbentuk sempurna. Bayi Anda sudah memiliki tangan, lengan, kaki, jari tangan, jari kaki, dapat membuka dan menutup mulut dan kepalan tangan. Kuku mulai berkembang dan telinga semakin berkembang dan bagian luarnya mulai tumbuh. Cikal bakal gigi mulai terbentuk pada bulan ini. USG belum bisa secara pasti menentukan jenis kelamin bayi Anda karena masih belum jelas kelihatan. Pada akhir bulan ketiga, panjang bayi Anda adalah sekitar 70 – 100 mm dan beratnya sekitar 20-30 gram.

Tips agar hamil sehat

Setiap fase kehamilan adalah saat-saat yang begitu membahagiakan. Tapi, ketidaknyamana fisik serta mental sering kali menjadi masalah yang menimpa ibu hamil. Kesabaran dan dukungan dari orang-orang di sekitar, seperti suami benar-benar dibutuhkan untuk kelangsungan proses kehamilan yang sehat.

Asupan gizi dan nutrisi selama kehamilan harus benar-benar diperhatikan untuk memastikan tumbuh kembang bayi dalam kandungan Anda. Salah satu penyebab bayi lahir cacat adalah kurangnya asupan asam folat. Pada masa kehamilan, dokter akan memberikan tabel nutrisi yang harus Anda konsumsi. Penuhi setiap tingkatan kebutuhan nutrisi dari waktu ke waktu selama kehamilan untuk memastikan bayi Anda memperoleh nutrisi yang cukup untuk perkembangannya. Stimulasi selama kehamilan juga sangat disarankan oleh kebanyakan pakar, untuk cara stimulasinya bisa Anda tanyakan kepada dokter Anda.

Sumber: dr. Prima Progestian, SpOG, CHt

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY