Perlu Dikurangi Kadar Introvert Karena Menghambat Potensi Diri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Beberapa orang cenderung sulit memulai komunikasi dengan orang lain, tertutup, pemalu dan tidak percaya diri. Orang semacam itu bisa dikatakan memiliki kepribadian introvert. Orang yang berkepribadian introvert tidak selalu buruk karena mereka lebih cenderung menganalisa dan memahami suatu hal secara mendalam. Namun, tak jarang kepribadian introvert ini menjadi penghambat untuk berinteraksi dengan dunia luar. Kebalikan dari introvert adalah ekstrovert. Mereka yang berkepribadian ekstrovert (lebih terbuka dan atraktif dengan dunia luar) juga tidak bisa dikatakan lebih baik. Kedua kepribadian ini masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Terutama pada pria, banyak yang menganggap orang berkepribadian introvert akan sulit mencari atau bertahan di dunia kerja karena tidak mampu bersosialisasi dengan lingkungan kerjanya. Anggapan ini memang tidak selalu benar. Tapi, jika Anda cenderung introvert, sebaiknya mulai mengurangi kadar introvert dalam diri Anda. Menjadi introvert itu terkadang sudah “pembawaan”, tapi takdir manusia sebagai makhluk sosial adalah hal yang mutlak. Anda tak harus memaksa diri menjadi seorang ekstrovert, tapi lebih berfokus untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi sehingga lebih percaya diri tampil di depan publik. Bagaimana caranya?

  • Keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman memang tak mudah. Tapi, percayalah jika Anda melakukannya, Anda akan lebih berkembang dan kuat. Orang introvert cenderung sibuk dengan dirinya sendiri dan mungkin tanpa disadari mereka melewatkan banyak kesempatan besar di lingkungan sosial yang dapat merubah hidupnya. Untuk itu, Anda perlu keluar dari zona nyaman Anda sebagai introvert. Anda bisa memulainya dengan cara sederhana, seperti menyapa teman atau tetangga ketika berpapasan di jalan.

  • Berpikir positif dan optimis

Orang introvert cenderung berpikir pesimis dan takut salah ketika melakukan sesuatu. Pola pikir semacam ini perlu segera dibenahi karena bisa menghambat potensi diri. Optimislah ketika Anda mengejar sesuatu dan berusaha semaksimal mungkin. Bila hasilnya tidak sesuai harapan, yakinlah bahwa itu bukan akhir dari segalanya. Bila terus mencoba, pasti akan berhasil juga. Jika menerima kritik dari orang lain, jadikanlah sebagai pembelajaran dan motivasi untuk berusaha lebih baik lagi.

  • Bergabung dengan komunitas

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk mengurangi kadar introvert adalah bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion atau hobi Anda. Selain akan membuat Anda lebih banyak berkomunikasi, menjadi anggota suatu komunitas memberi Anda pengalaman baru dan sebagai kesempatan menambah relasi di dunia kerja.

Yang paling penting dari semuanya adalah bulatkan tekad bahwa Anda ingin merubah diri menjadi lebih baik dan berkualitas. Realisasikanlah tekad tersebut melalui tindakan sesering mungkin. Banyak dari mereka berkepribadian introvert memiliki keterampilan komunikasi layaknya ekstrovert dan perubahan yang mereka lakukan terasa berdampak positif pada kehidupan sosial, karir, maupun asmaranya. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here