Perlu Dipersiapkan Sebelum Ibu Hamil Mudik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Perjalanan jauh memang berisiko untuk ibu hamil. Beberapa masalah yang bisa timbul saat ibu hamil melakukan perjalanan jauh antara lain kelelahan, perdarahan, konstipasi, kram otot, sering ingin buang air, detak jantung meningkat, ambeien, kontraksi, sakit kepala, gangguan penglihatan, keguguran, bahkan bisa memicu persalinan prematur.

Ibu dengan kehamilan berisiko tinggi seperti, dengan riwayat keguguran, inkompetensi serviks, riwayat persalinan preterm, kehamilan kembar, kehamilan dengan hipertensi, maupun kehamilan dengan berbagai kelainan atau penyakit lainnya, harus mendapatkan perhatian khusus, bahkan disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh. Inilah yang harus dipersiapkan jika ibu hamil akan melakukan perjalanan mudik :

  • Periksakan kandungan ke dokter

Yang tak boleh dilewatkan sebelum berangkat mudik adalah memeriksakan kondisi kandungan ke dokter. Kalau dokter menyatakan kandungan sehat dan boleh bepergian, maka mintalah surat yang menyatakan kehamilan Anda sehat. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika misalnya pihak penyedia layanan transportasi memintanya. Bila dokter atau bidan menyarankan Anda untuk tidak melakukan mudik karena alasan tertentu, maka berbesar hatilah untuk membatalkan rencana mudik Anda tahun ini, demi keselamatan Anda dan calon bayi Anda.

  • Siapkan mental dan fisik

Mudik dalam kondisi hamil bukanlah sesuatu yang mudah. Mungkin Anda akan merasa lebih cepat lelah, mood tak karuan dan merasakan ketidaknyaman. Oleh karena itu, siapkan diri sebaik mungkin. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda beristirahat yang cukup, mengonsumsi nutrisi yang baik dan bawalah sesuatu yang membuat Anda nyaman selama perjalanan, seperti camilan, bantal dan sebagainya.

  • Tentukan jalur dan transportasi

Tentukan jalur dan alat transportasi apa yang ingin Anda gunakan ketika mudik. Sesuaikan jalur dan alat transportasi yang akan dipilih dengan kondisi fisik Anda, jarak tempuh, dan budget yang Anda miliki. Bila jarak tempuhnya terlalu jauh dan memakan waktu berhari-hari untuk bisa sampai ke tempat tujuan, ada baiknya Anda memilih jalur transportasi udara yang lebih cepat dan praktis.

Lebih disarankan bagi wanita hamil untuk bepergian dengan pesawat terbang terutama bila jarak tempuhnya jauh. Bila kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan untuk bepergian dengan pesawat terbang, Anda bisa memilih jalur transportasi darat, misalnya naik bus atau kereta. Akan lebih baik bila Anda bisa bepergian dengan kendaraan pribadi (mobil). Anda tentunya akan merasa lebih nyaman saat mudik dengan kendaraan pribadi.

  • Bawa kantong muntah dan pereda rasa mual

Wanita hamil biasanya lebih sering mual dan muntah. Untuk itu, Anda disarankan membawa kantong muntah dalam perjalanan mudik Anda. Memang beberapa alat transportasi menyediakan kantong muntah untuk para penumpangnya. Namun biasanya terbatas, satu orang hanya mendapat jatah satu kantong muntah saja. Bawa pula pereda rasa mual seperti permen jahe, permen kunyit asem, atau minyak angin untuk mengurangi rasa mual Anda. (KKM)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here