Perlukah Jenggot dan Kumis Dibersihkan Tiap Hari?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menumbuhkan rambut halus di wajah adalah salah satu cara yang dilakukan pria untuk menarik perhatian lawan jenis. Rambut halus yang dimaksud di sini adalah kumis dan jenggot yang juga bisa menambah sisi maskulinitas para pria. Tapi, perlukah jenggot dan kumis dibersihkan setiap hari?

Selain bisa menambah tampilan macho, jenggot dan kumis dapat menjadi sarang kuman dan kotoran sehingga mendorong terjadinya infeksi kulit. Kondisi ini tergantung dari:

  • Lingkungan

Kalau Anda bekerja di luar ruangan, seperti di lokasi pembangunan, sebaiknya cuci jenggot dan kumis setiap hari. Pasalnya, jenggot lebih rentan terpapar debu, kotoran serta berbagai jenis kuman dan bakteri.

  • Aktivitas

Jika setiap hari Anda berkeringat karena beraktivitas fisik cukup berat, misalnya melatih kebugaran, cucilah jenggot dan kumis setiap hari. Perokok berat juga disarankan untuk rutin mencuci jenggot dan kumis.

  • Jenis kulit wajah

Bila Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, terutama pada bagian tumbuhnya jenggot dan kumis, maka bersihkanlah jenggot dan kumis secara rutin.

Sayangnya, sejumlah pria yang berjenggot dan berkumis tak menganggap penting membersihkan keduanya. Padahal, membersihkan keduanya berkaitan dengan kesehatan si pemilik jenggot dan kumis.

Nah, membersihkan jenggot dan kumis juga tidak boleh dilakukan sembarang. Yuk, simak cara merawat kumis dan jenggot berikut ini:

  1. Jangan gunakan sampo

Hindari menggunakan sampo. Sebagai gantinya, gunakan sabun pembersih muka yang sifatnya melembabkan.

  1. Gunakan kondisioner

Setelah mencuci jenggot dengan sampo, jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner juga, terutama kalau jenggot dan kumis Anda cukup tebal. Kondisioner berfungsi untuk menghaluskan dan mencegah jenggot dan kumis jadi kusut. Cukup oleskan pada bagian ujung bawah sampai tengah jenggot dan kumis, tak perlu sampai ke akar-akarnya.

  1. Mengeringkan jenggot dan kumis

Anda tak perlu memakai hairdryer untuk mengeringkan jenggot dan kumis. Cukup tepuk-tepuk jenggot dengan handuk kering sampai sisa-sisa air yang menempel pada jenggot terangkat. Jangan menggosok jenggot atau kumis dengan handuk karena bisa membuatnya kusut, kering, dan mudah rontok. Bentuk kumis dan jenggot juga bisa rusak dan berubah jika Anda tidak mengeringkannya dengan benar. Untuk menjaga bentuknya, sisir perlahan-lahan sesuai dengan model jenggot dan kumis Anda.

  1. Beri pelembab

Kulit di sekitar jenggot dan kumis akan rentan terasa kering dan gatal. Agar tidak mengalami infeksi kulit, berikan minyak khusus yang mengandung argan atau jojoba.

Merawat jenggot juga berarti merawat kulit. Merawat di sini termasuk membersihkannya. Jadi, sebaiknya Anda membersihkan jenggot dan kumis tiap hari. Mirip dengan mandi, apapun aktivitasnya, Anda rutin mandi tiap hari juga kan? (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here