Perlukah Senam Hamil Dilakukan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Senam hamil merupakan suatu program kebugaran yang dilakukan oleh ibu hamil. Selain itu senam hamil salah satu upaya dengan cara melakukan latihan-latihan bertujuan untuk mencapai kondisi ibu hamil yang optimal dalam mempersiapkan proses persalinan. Gerakan senam hamil disesuaikan dengan perubahan fisik ibu yang mengalami perubahan seperti perubahan organ genetalia, perubahan perut yang semakin besar dan perubahan fisiologis dan psikologis lainnya.

Selama kehamilan ibu akan mengalami berubahan fisiologi dan psikologi yang memicu ketidaknyamanan ibu hamil, dengan melakukan aktivitas olahraga pada ibu hamil seperti senam hamil akan membuat ibu nyaman dan mudah dalam proses persalinan. Selain itu senam hamil dapat mengakibatkan norepinefrin didalam otak menjadi meningkat, sehingga daya kerja pun menjadi meningkat dan rasa tegang yang di alami ibu pada saat proses persalinan akan berkurang.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi persalinan diantaranya passage (jalan lahir), passager (janin dan plasenta), power (kekuatan kontraksi atau yang disebut dengan istilah “His”), Penolong dan psikologi ibu hamil. Dengan 5 faktor yang dapat mempengaruhi persalinan normal untuk itu senam hamil dapat menjadi salah satu upaya agar ibu dapat melahirkan secara fisiologis atau normal dengan ibu dan bayi yang sehat, kontraksi yang adekuat (normalnya 4-5 kali dalam 10 menit lamanya 30-45 detik) dan melatih otot-otot dasar panggul dan serviks untuk mempersiapkan proses persalinan.

Apa manfaat yang di peroleh dari senam hamil?

  1. Tubuh dapat lebih baik menyanggah beban selama kehamilan.
  2. Otot dapat lebih kuat untuk menopang tekanan tambahan selama kehamilan.
  3. Senam hamil dapat memperbaiki sirkulasi dan respirasi serta dapat membentuk kebiasaan bernafas yang lebih baik.
  4. Membuat ibu hamil lebih rileks dan sikap mental yang baik.
  5. Tubuh dapat menyesuaikan adanya perubahan keseimbangan dan kenaikan berat badan.

Kelebihan yang akan di peroleh dari senam hamil?

  1. Gerakan yang dibuat khusus ibu hamil ini dapat membantu ibu agar tidak stress dan lebih rileks.
  2. Senam hamil diajarkan cara bernafas untuk mempersiapkan persalinan agar pada saat melahirkan ibu sudah bisa melakukan tehnik pernafasan yang baik.
  3. Kombinasi setip gerakan dan tarikan nafas membuat ibu menjadi lebih fokus.
  4. Ibu akan lebih siap secara mental, karena pada saat melakukan senam hamil ibu sudah terbiasa melakukan tehnik pernafasan dan posisi melahirkn yang baik yang diajarkan oleh instrukturnya.

Senam hamil dapat dilakukan oleh semua kasus kehamilan yang sehat. Selain itu senam hamil di anjurkan untuk dilakukan pada usia 4-6 bulan dan apabila keluhan-keluhan yang ibu rasakan berkurang. Senam hamil yang dilakukan oleh ibu dengan usia kehamilan kurang dari 4 bulan tidak dianjurkan dan apabila usia kehamilan lebih dari 8 bulan kurang bermanfaat. Senam hamil memiliki segi positif dan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Terutama bagi ibu primigravida senam hamil sangat di anjurkan karena ibu primigravida belum memiliki pengalaman sebelumnya. Sehingga untuk mempersiapkan dan mengurangi kekhawatiran pada saat proses persalinan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here