Perlukah Vaksin Tetanus Sebelum Menikah?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persiapan menjelang pernikahan tidak hanya berkisar tentang hari-H. Persiapan ini juga mencakup kondisi fisik dan mental calon mempelai. Bagi wanita, persiapan ini bisa mencakup vaksinasi tetanus sebelum menikah. Tapi, apakah ini perlu?

Suntik TT (Tetanus Toksoid) disebut juga vaksin TT. Suntik tetanus adalah tindakan memasukkan racun tetanus yang telah dinonaktifkan. Cara ini akan membuat tubuh lebih kebal terhadap tetanus karena sudah ‘belajar’ membuat antibodi terhadapnya. Saat antibodi telah terbentuk, jika suatu saat terluka dan kemasukan bakteri tetanus, tubuh lebih cepat membentuk antibodi karena sudah diperkenalkan sebelumnya.

Tetanus sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini masuk ke tubuh melalui luka dan kemudian mengeluarkan racun ke tubuh orang yang telah diinfeksi. Racun yang dihasilkan bisa merusak sistem saraf dan sumsum tulang belakang.

Tetanus merupakan penyebab utama kematian bayi berusia di bawah satu bulan pada era 1980-an. Penggunaan alat kebidanan yang tidak steril dan kurangnya perhatian terhadap kebersihan selama proses kelahiran berkaitan dengan angka kejadian tetanus yang tinggi di negara-negara berkembang. Bakteri tetanus dapat masuk ke aliran darah melalui luka di kulit yang terjadi selama proses persalinan.

Mengapa suntik TT bagi wanita sebelum menikah penting? Setelah menikah, wanita dan pria melakukan hubungan suami-istri. Saat di awal berhubungan intim pascamenikah, umumnya alat kelamin wanita mengalami luka akibat selabut dara robek. Luka ini bisa jadi jalan masuk bakteri tetanus. Pemberian vaksin tetanus penting untuk melindungi bayi saat persalinan dari serangan bakteri ganas. Singkatnya, vaksinasi tetanus pada wanita yang hendak  menikah tidak hanya melindungi diri sendiri, namun akan meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi tetanus yang diturunkan kepada bayi.

Untuk bisa mendapatkan perlindungan optimal, Anda bisa melakukan suntik TT beberapa kali dengan jadwal yang tepat dan teratur. Suntik TT sebaiknya dilakukan selambat-lambatnya dua minggu sebelum menikah. Alangkah lebih baik jika satu bulan sebelum menikah sehingga inisiasi pembentukan antibodi sudah terjadi.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah suntik vaksin untuk calon pengantin harus dilakukan saat Anda sehat. Dengan kata lain, tunda dulu vaksin TT jika sedang demam.

Vaksin TT sebelum menikah tidak diwajibkan, namun dianjurkan untuk dilakukan. Pada pasangan yang ingin menikah dan memiliki keturunan, beberapa penyakit bisa menular saat kehamilan. Jika Anda tidak terlindung optimal, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bayi yang dikandung, misalnya terlahir cacat. Sejumlah penyakit juga bisa menyebabkan infertilitas atau gangguan kesuburan.

Hingga kini, tetanus masih perlu diwaspadai, meskipun angka kejadiannya sudah menurun. Terlebih, infeksi tetanus tidak hanya mengancam nyawa bayi, tetapi juga nyawa sang ibu. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here