Perlunya Asupan Sarapan yang Tepat Bagi Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sarapan sangat diperlukan bagi kita, apalagi bagi remaja. Peralihan usia dari anak-anak menjadi remaja membuat mereka lebih aktif dan memiliki banyak aktivitas sehingga memerlukan energi yang lebih banyak. Jika tidak sarapan maka dari mana mereka bisa melakukan aktivitas hariannya dengan baik.

Dengan sarapan remaja akan lebih berenergi dan dapat menjalankan aktivitas dengan baik karena sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti karbohidrat, protein, zat besi dan lain-lain yang mana sangat dibutuhkan oleh usia remaja dengan aktivitasnya yang semakin bertambah.

Untuk mendapatkan semua kandungan nutrisi di atas saat sarapan, maka hendaknya kita sebagai orang tua perlu memberikan asupan sarapan yang seimbang dan tepat. Karena jika asupan yang diberikan tidak tepat maka bisa berbahaya bagi remaja. Bahayanya yaitu dapat membuat remaja yang tidak makan sarapan dengan benar atau bahkan tidak sarapan akan membuat mereka mengalami hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kadar glukosa yang menurun di dalam tubuh. Glukosa yang menurun tersebut dapat mempengaruhi kinerja otak Oleh karena itu sarapan yang tepat itu perlu, sehingga remaja terhindar dari bahaya-bahaya tersebut.

Menurut WHO (World Health Organization), sarapan yang tepat dan memenuhi kebutuhan gizi remaja adalah sarapan dengan kandungan gizi seimbang yang mana presentase masing-masing seperti karbohidrat 55- 65%, protein dari 12 sampai 15%, lemak 24- 30%, vitamin dan mineral dapat anda peroleh dari sayuran dan buah-buahan.

Kalori yang tepat juga dibutuhkan remaja saat mengonsumsi sarapannya. Untuk sarapan seharusnya kalori remaja harus terpenuhi sebanyak ¼ kalori sehari mereka. Kalori tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. ¼ kalori remaja setara dengan presentase sebanyak 20 persen dari total konsumsi harianya.

Untuk memberikan asupan sarapan yang tepat, anda bisa memberikan menu dengan komposisi dari gandum utuh yang bisa anda dapatkan dari sereal, granola dan muesli. makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga diperlukan (telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan), produk susu rendah lemak atau yoghurt serta buah yang bisa dikonsumsi langsung atau dibuat smoothies dan sayuran.

Itulah penjelasan mengenai perlunya sarapan yang tepat bagi remaja. Untuk itu mulai sekarang kita harus memastikan bahwa anak tidak melewatkan sarapannya dan mendapatkan asupan yang tepat dan gizi yang seimbang sehingga mereka tetap sehat dan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here