Pernah Mendengar tentang Hipokondria?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada dasarnya, sangatlah wajar jika kita khawatir akan kondisi kesehatan kita. Akan tetapi, beberapa orang mengalami rasa cemas berlebihan meskipun kesehatan mereka dalam kondisi baik. Seseorang yang takut menderita penyakit serius mungkin memiliki gangguan gejala somatik atau illness anxiety disorder. Gangguan ini juga kerap disebut dengan istilah hipokondria.

Penderita hipokondria umumnya tidak menunjukkan gejala fisik. Tapi, mereka meyakini bahwa gejala ringan (seperti ruam atau nyeri ringan) atau bahkan sensasi normal pada tubuh (seperti berkeringat) adalah tanda jika ia memiliki penyakit parah meskipun pemeriksaan kesehatan menyeluruh tidak menemukan adanya indikasi medis yang serius.

Hipokondria bisa menjadi bentuk gangguan kecemasan yang serius. Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, namun ada sejumlah faktor yang memengaruhi, diantaranya:

  • Riwayat penyakit serius. Mereka yang memiliki riwayat penyakit serius tertentu di masa kanak-kanak cenderung memiliki kecemasan berlebih mengenai kondisi kesehatannya.
  • Kematian keluarga atau teman. Ketika ada anggota keluarga atau teman dekat yang meninggal, kesedihan yang berkaitan dengan kematian dapat memicu ketakutan dan kekhawatiran yang obsesif terhadap kesehatan pribadi, terutama jika penyebabnya adalah penyakit serius.
  • Orangtua terlalu protektif. Perilaku yang diajarkan kepada seseorang selama masa kanak-kanak cenderung menetap hingga dewasa dan memengaruhi keyanikan terhadap hal-hal di sekitarnya. Seseorang mungkin mengembangkan hipokondria jika ia memiliki orangtua yang sangat reseptif terhadap keluhan kesehatan, meskipun keluhan tersebut bersifat ringan.
  • Keyakinan. Keyakinan berlebihan terhadap kebiasaan perawatan kesehatan terkadang dapat menyebabkan interpretasi yang keliru. Misalnya, jika seseorang tidak segera memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami suatu gejala, maka akan terlambat untuk diobati. Keyakinan yang berlebihan dapat membuat Anda berpikir bahwa semua sensasi tubuh adalah gejala yang mengindikasikan kondisi yang serius.
  • Internet. Saat ini, kita begitu mudahnya dapat mencari informasi mengenai gejala-gejala penyakit melalui mesin pencarian berkat internet. Pengaruh internet yang begitu besar juga disebut sebagai salah satu faktor yang dapat memicu atau memperparah hipokondria.

Hipokondria adalah kondisi jangka panjang yang dapat berkembang menjadi semakin parah dari waktu ke waktu seiring bertambahnya usia. Stres sehari-hari yang terkendali juga dapat memperparah kondisi. Hipokondria seringkali ditemukan pada orang yang memasuki awal atau pertengahan masa dewasa. Pada orang lanjut usia, hipokondria yang mereka alami mungkin lebih mengarah pada ketakutan menjadi pikun. Kabar baiknya, kondisi masih dapat diatasi dan dicegah agar tidak berkembang semakin buruk dengan konseling psikologis (psikoterapi) secara rutin. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here