Persiapan Fisik Jelang Pernikahan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persiapan pernikahan memang harus dilakukan secara matang. Pasalnya, begitu banyak pernak-pernik yang harus direncanakan dan disiapkan, misalnya sewa gedung, katering dan gaun pengantin.

Satu hal lagi yang tak boleh terlewat adalah persiapan fisik. Berikut adalah beberapa persiapan fisik yang perlu dilakukan bagi Anda yang hendak menggelar pernikahan:

  • Pilih-pilih makanan

Buatlah pilihan yang baik untuk pernikahan Anda. Makan berbagai buah-buahan dan sayuran setiap hari. Batasi makanan dan minuman tinggi kalori, gula, garam, lemak dan alkohol serta pilihlah camilan yang sehat. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, makanlah dengan porsi makan yang lebih sedikit, kurangi makanan berlemak dan bergeraklah lebih aktif untuk menghindari kesalahan pada diet.

Pilihlah makanan yang ringan dan sehat untuk tamu pesta pernikahan Anda. Tambahkan buah, manisan, sayuran, makanan rendah lemak serta minuman rendah kalori sebagai hidangan penutup.

  • Jam tidur yang cukup

Sibuk mengurusi pernikahan terkadang memangkas jam tidur para calon pengantin. Namun, sebisa mungkin pertahankan 7 hingga 8 jam sehari dan menghindari begadang. Hal ini perlu untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan juga mencegah agar wajah tidak menjadi kusam dan berminyak karena letih habis begadang.

  • Rutin berolah raga

Jadilah aktif selama minimal 2,5 jam seminggu dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan pernapasan dan jantung serta yang dapat memperkuat otot-otot tubuh Anda seperti berolahraga. Anda tidak perlu melakukan semuanya sekaligus, bagilah waktu tersebut setiap hari.

Berolah raga selama satu bulan penuh sebelum pernikahan akan membuat Anda terlihat lebih ramping dan sehat. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu, paling tidak Anda  melakukannya selama 20 menit per hari.

  • Membebaskan diri dari asap rokok

Jika Anda perokok, persiapkanlah kehidupan baru Anda dengan berhenti merokok karena merokok dapat memiliki efek negatif bagi kesehatan. Hindari menghirup asap rokok yang dihasilkan orang lain (perokok pasif), karena hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang mirip dengan perokok. Pilihlah tempat yang bebas dari asap rokok untuk resepsi pernikahan dan kegiatan lainnya.

  • Mengelola stres

Stres dapat menyebabkan sakit kepala, masalah tidur, sulit berkonsentrasi, mudah marah, sakit perut, dll, sehingga Anda harus mengelola stres dengan baik, terutama pada saat merencanakan pernikahan, bekerja, bersekolah, atau kegiatan lainnya. Lakukan teknik relaksasi, seperti yoga, spa, dll. Jika Anda tidak dapat mengontrol diri Anda, berkonsultasi dengan dokter untuk menghilangkan stres dalam diri Anda.

  • Melakukan perawatan tubuh

Manfaatkan waktu satu minggu sebelum hari-H untuk melakukan perawatan ke salon. Anda direkomendasikan melakukan perawatan dari kepala hingga kaki, terutama bagi wanita karena Anda akan berada dalam sorotan sepanjang hari pernikahan.

Perawatan yang dapat Anda lakukan adalah spa, manicure, pedicure, waxing dan perawatan wajah seperti pengelupasan kulit, steam, penghapusan komedo serta masker. Namun, hindari pemakaian berbagai kosmetik yang sifatnya coba-coba karena dapat menyebabkan masalah seperti gatal, kemerahan, ruam, bersin atau alergi. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here