Persiapan Fisik Sebelum Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudahkan anda menanamkan niat untuk menjalankan ibadah di bulan puasa ramadhan? Memiliki niat sebelum menjalankan ibadah puasa ramadhan merupakan hal yang penting. Dengan niat, kita mampu melakukan semua aktivitas ibadah yang sunnah maupun wajib di bulan ramadhan. Seperti puasa penuh selama satu bulan, melaksanakan shalat fardhu dan tarawih dan membaca al-quran.

Selain niat, tentunya anda juga harus mempersiapkan fisik yang sehat sebelum menghadapi ibadah di bulan ramadhan ini. Kondisi fisik yang sehat untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan dibutuhkan agar anda dapat menyesuaikan diri ketika menjalani puasa. Seperti beradaptasi terhadap pola makanan yang hanya makan dua kali dalam sehari dan tentunya aktivitas yang padat.

Untuk mempersiapkan fisik anda sebelum menjalani ibadah puasa ramadhan, anda dapat menyiapkan fisik anda dengan cara berikut ini:

  1. Konsultasi Obat yang anda konsumsi

Bagi anda yang sedang dalam pengobatan, sebaiknya sebelum menjalani ibadah puasa datanglah ke dokter. Konsultasikan kesehatan anda dan tanyakan apa saja efek samping yang akan timbul dari obat yang biasa anda konsumsi. Apakah akan tetap aman ketika anda mengonsumsi obat tersebut pada saat menjalani puasa. Sehingga puasa anda akan berjalan dengan baik.

  1. Kurangi makanan yang pedas dan asam

Beberapa makanan yang pedas dan asam akan membuat lambung anda bermasalah dan puasa anda menjadi tidak nyaman. Jadi sebaiknya kurangi makanan pedas yang dapat membuat lambung teriritasi. Serta makanan yang asam seperti durian dan nangka. Untuk mengantisipasi masalah pada lambung, anda dapat mengonsumsi FitA-Liv pada saat sahur dan berbuka.

  1. Kurangi makanan tinggi gula dan lemak

Makanan yang manis akan membuat kenaikan kadar gula anda naik secara tiba-tiba. Mungkin anda akan merasa berenergi, tetapi itu tidak akan bertahan lama, karena efek tersebut dapat hilang dan menyebabkan anda cepat lemas. Makanan yang termasuk tinggi gula dan lemak seperti soda, es krim, brownies dan permen.

  1. Makanlah sebelum lapar

Rasullulah SAW mengajarkan pada kita untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Oleh karena itu, mulai dari sekarang biasakan kebiasaan tersebut sehingga anda tidak akan kaget ketika menjalani pola makan di bulan puasa ramadhan.

  1. Rutin mengonsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur akan berdampak baik pada sistem pencernaan anda. Hal tersebut terjadi karena buah dan sayuran mampu membantu dalam proses dan mengurangi jumlah racun dalam tubuh anda.

  1. Banyak minum

Banyak minum akan membiat tubuh anda terhidrasi dengan baik dan metabolisme tubuh lancar.

  1. Sempatkan berolahraga

Agar tetap sehat, buanglah rasa malas anda dan sempatkan berolahraga. Olahraga tidak perlu yang berat, anda bisa mencobanya dengan olahraga ringan seperti jalan santai atau yoga sehingga sistem perdarahan berjalan dengan baik hingga nanti tiba saat puasa ramadhan

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat diperlukan bagi tubuh anda. Agar tubuh tetap berenergi menjalani aktivitas sehari-hari anda. Hindari tidur terlalu larut di malam hari. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here