Persiapan Menjelang Persalinan

0
103

Proses persalinan merupakan akhir dari masa kehamilan selama 9 bulan. Momen menanti kelahiran buah hati adalah saat-saat yang paling mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi semua calon ibu dan calon ayah. Agar kebagaiaan tersebut tidak terganjal oleh hal-hal yang nantinya dihadapi pasca melahirkan, maka semua yang diperlukan pasca melahirkan harus segera dipersiapkan dengan baik sebelum persalinan. Diperlukan banyak hal untuk mempersiapkan proses persalinan dan menyambut kelahiran sang buah hati. Persiapan menjelang proses persalinan bagi ibu hamil tersebut adalah persiapan mental, fisik maupun yang sifatnya materil. Persiapan persalinan bagi ibu hamil tentunya harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Persiapan yang matang akan sangat berdampak pada ketenangan dalam menghadapi proses persalinan.

Ketika menyambut kelahiran bayi terutama bayi yang pertama, persalinan akan menjadi masa-masa yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi Anda dan juga keluarga. Selain tidak sabar ingin segera melihat sang buah hati, namun pada saat itu juga mungkin muncul rasa cemas dalam menjalani proses persalinan nanti. Untuk kelancaran proses persalinan nanti, Anda harus mempersiapkan kesiapan mental serta fisik secara maksimal.

Kondisi psikologis seorang ibu hamil sebaiknya harus stabil. Sebab jika ibu hamil mengalami stress maka hal tersebut dapat berpengaruh bagi kesehatan ibu maupun tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Kesiapan mental harus diperhatikan bagi ibu hamil terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali menghadapi masa kehamilan. Jika ibu dalam kondisi psikologis yang labil, maka proses persalinan bisa terkendala sehingga kemungkinan buruk bisa saja terjadi.

Banyak sekali wanita yang masih merasa ketakukan dalam menghadapi persalinan meskipun mereka pernah mengalaminya. Sebagian besar dari mereka mengalami ketakutan disebabkan oleh rasa sakit ketika proses persalinan, perasaan takut jika bayi terlahir cacat, ketakutan jika harus kehilangan nyawa, perasaan malu jika harus berhadapan dengan para ahli medis serta ketakutan lainnya. Sebaiknya Anda segera menyingkirkan perasaan takut dengan melatih mental Anda. Ada baiknya Anda mengutarakan semua kecemasan yang dialami pada orang-orang terdekat seperti suami.

Hal  penting lain yang perlu dipersiapkan oleh calon ibu dan calon ayah, adalah mempersiapkan mental untuk menjadi orangtua yang baik. Mempersiapkan mental menjadi orangtua termasuk didalamnya adalah dengan siap merubah kebiasaan yang tadinya tanpa anak lebih santai, sekarang menjadi lebih sibuk pasca istri melahirkan, contohnya mengganti popok dan siap siaga menemani si kecil begadang di malam hari. Siap untuk merubah sikap yang tadinya belum dewasa menjadi lebih dewasa serta kesiapan sebagai orangtua untuk mendidik anak-anaknya kelak.

Seorang ibu hamil selalu disarankan untuk melakukan olahraga ringan setiap hari misalnya dengan jalan kaki pagi di sekitar rumah. Hal ini dikarenakan menjaga kebugaran dan kesehatan selama masa kehamilan sangatlah penting. Hal tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi proses persalinan. Namun, jika usia kehamilan sudah melewati usia 7 bulan maka seorang ibu hamil hanya dianjurkan untuk melakukan olahraga senam hamil saja. Senam hamil sangat bermanfaat dalam mempersiapkan kondisi badan pada saat akan menghadapi proses persalinan. Hal ini juga baik untuk melatih kesiapan mental menjelang proses persalinan. Kegiatan senam hamil ini juga dapat membantu dalam mengatur pernapasan, melatih otot panggul, meningkatkan kebugaran tubuh, serta meningkatkan kesiapan mental ketika akan menghadapi proses persalinan.

*pic danis mubarok.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY