Persiapan Puasa Ramadhan Bagi Wanita Karir

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan puasa ramadhan merupakan bulan yang penuh suka cita dan sekaligus menjadi bulan yang sibuk bagi seorang wanita. Bagaimana wanita tidak disibukkan di bulan yang suci ini, wanita khususnya seorang ibu memiliki tugas tersendiri ketika bulan ramadhan.

Tugas tersebut yaitu mulai dari menyiapkan menu untuk berbuka dan sahur, sekaligus membangunkan keluarga kecilnya untuk bangun menikmati sahur. Selain itu, ibu juga harus tetap menjalankan aktivitas rutinnya dalam keluarga.

Lalu bagaimana dengan wanita karir? Pasti akan lebih sibuk lagi karena dia harus menjalankan aktivitas rumahnya dan juga menjalankan tanggung jawabnya di tempat kerja. Oleh karena itu persiapan pada bulan puasa ramadhan ini penting bagi wanita karir. Jangan sampai merasa kelelahan ataupun sakit sehingga melepaskan salah satu tanggung jawabnya itu.

Tentu para ibu-ibu atau wanita karir tidak mau hal tersebut terjadi bukan?. Jadi, sebaiknya anda menyiapkan hal-hal berikut ini agar puasa ramadhan anda berjalan lancar dan juga diridhoi oleh Allah SWT :

  1. Lunasi hutang puasa

Sebaiknya anda ingat kembali, apakah anda masih memiliki hutang puasa di tahun sebelumnya. Jika masih ada maka segera lunasi sebelum puasa ramadhan tahun ini datang, sehingga puasa ramadhan tahun ini akan lebih nyaman untuk anda jalani. Selain itu, manfaat dari melunasi hutang puasa dapat melatih anda bangun lebih awal karena harus sahur juga.

  1. Persiapkan fisik

Hal yang juga penting anda siapkan sebagai wanita karir dalam puasa ramadhan adalah kekuatan fisik anda. Jaga kesehatan fisik anda mulai sekarang, karena dibulan puasa ramadhan nanti anda harus menahan lapar dan menggunakan energi sedikit dalam tubuh sedangkan aktivitas di luar masih tetap sama seperti sebelum puasa ramadhan. Jadi fisik anda harus tahan banting.

  1. Konsumsi sayur dan buah yang banyak

Mengonsumsi buah dan sayur ketika sahur dan berbuka puasa baik bagi anda. Kandungan serat tinggi pada buah dan sayur ini cukup lambat dicerna pada saluran pencernaan, sehingga akan membuat ibu merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Dengan rasa kenyang ini ibu akan tetap berenergi atau semangat dalam menjalankan aktivitas.

  1. Bangun lebih awal

Bangun lebih awal adalah pilihan yang tepat bagi anda. Sehingga tidak akan telat dalam membangunkan keluarga dan menyiapkan makanan untuk sahur dengan keluarga serta melakukan ibadah. Dan ibu tidak akan tergesa-gesa juga dalam menyiapkan urusan pekerjaan di kantor atau tempat kerja lainnya.

  1. Tidur lebih awal

Karena besok anda akan kembali menghadapi aktivitas yang begitu padat maka energi yang cukup juga dibutuhkan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan energi anda adalah tidur lebih awal. Dengan tidur lebih awal maka tidur anda akan lebih berkualitas atau cukup, sehingga akan membantu tubuh mengembalikan energi untuk beraktivitas kembali keesokan harinya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here