Persiapan Sebelum Melakukan Tes Pap Smear

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika tes pap smear sangat dianjurkan untuk wanita, khususnya yang masih aktif menjalani hubungan seksual dan pernah melahirkan. Lantas apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan tes pap smear?

Pengertian tes pap smear

Pap smear atau tes pap merupakan pemeriksaan dengan menguji contoh sel-sel pada leher rahim. Kemudian sel-sel tersebut dianalisa guna mendeteksi secara dini, jika terjadi kanker pada leher rahim.  Dengan tes tersebut juga dapat mendeteksi terjadinya infeksi atau sel abnormal, yang bisa berubah menjadi kanker.

Tes pap smear sangat dianjurkan untuk setiap wanita, khususnya yang telah berumah tangga dan pernah melahirkan. Apabila  wanita melakukannya secara rutin, maka sama saja sudah melakukan sebuah langkah pencegahan pada kanker leher rahim.

Proses tes pap smear 

Tes pap smear  sangat sederhana dengan proses yang cepat, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah tiba di ruangan tempat tes pap smear, pasien akan dipersilakan untuk mempersiapkan diri dengan cara berbaring layaknya melakukan pemeriksaan organ dalam.

Dokter kemudian akan membuka liang vagina memakai alat yang disebut sebagai speculum vagina. Alat ini juga dikenal dengan istilah cocor bebek. Saat leher rahim sudah kelihatan, dengan bantuan alat tersebut dokter mulai mengusap sekeliling leher rahim guna memperoleh lendir atau getahnya.

Langkah berikutnya getah yang memiliki kandungan sel tersebut ditaruh pada gelas khusus, selanjutnya dianalisa di laboratorium. Dokter kemudian akan menginformasikan kapan pasien bisa memperoleh hasilnya. Tidak perlu takut dalam melewati proses ini, karena tahapan akan berjalan cepat sekaligus tidak memberikan rasa sakit.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pap smear

Guna memperoleh hasil yang maksimal, tes pap smear dilakukan kurang lebih 5 hari pasca haid atau 10-20 hari setelah hari pertama haid. Tujuannya agar leher rahim dalam keadaan bersih dari sisa darah yang muncul. Beberapa hal juga perlu dipersiapkan sebelum wanita melakukan tes pap smear.

  1. Wanita dalam 2 hari sebelum melakukan pap smear, disarankan tidak membersihkan vagina dengan sabun atau krim apa pun.
  2. Wanita juga disarankan untuk tidak melakukan douching atau penyemprotan obat tertentu ke dalam liang vagina.
  3. Wanita juga disarankan tidak menggunakan tampon atau obat-obatan yang cara pemakaiannya dimasukkan ke dalam vagina.
  4. Wanita perlu menghindari terlebih dahulu hubungan seksual dengan suami.
  5. Wanita disarankan untuk tidak mandi berendam menjelang tes pap smear. Hal ini dikhawatirkan ada sisa-sisa sabun yang masuk ke vagina.
  6. Wanita jika mengalami keputihan bisa memberitahukan kepada dokter yang memeriksa, termasuk semua keluhan yang dirasakan.
  7. Terakhir jika hasil pap smear yang pernah dijalani sebelumnya kurang baik, maka jangan lupa  diinformasikan ke dokter agar bisa menjadi pertimbangan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here