Pertimbangankan Dahulu Sebelum Menggunakan Behel

SehatFresh.com –  Saat ini, pemakaian kawat gigi atau behel kian menjamur terutama dikalangan remaja. Kawat gigi bahkan kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Alasan memakai kawat gigi ini pun bermacam-macam. Ada yang memang bertujuan untuk merapikan susunan giginya yang berantakan, dan ada pula yang hanya sekedar ingin mengikuti trend semata.

Jika Anda merasa kurang percaya diri karena khawatir deretan gigi yang kurang rapi, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk pemakaian kawat gigi. Gigi yang tidak rata meningkatkan risiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan jaringan sekitarnya. Kawat gigi dapat menekan deretan gigi agar bergerak ke arah tertentu secara perlahan-lahan dalam periode waktu yang panjang. Tulang juga akan ikut berubah dan beradaptasi seiring dengan tekanan dan pergerakan gigi setelah memakai kawat gigi.

Sebelum memutuskan untuk memakai kawat gigi, hendaknya Anda memahami apa saja manfaat dan efek sampingnya. Memang manfaat utama dari pemakaian kawat gigi adalah untuk mendapatkan penampilan susunan gigi dan wajah yang lebih “estetik” dengan fungsi yang lebih baik, namun efek sampingnya juga tidak boleh dihiraukan. Pemakaian kawat gigi dapat menyebabkan tulang yang menyangga gigi menjadi rusak dan gigi menjadi goyah sehingga gigi menjadi rentan berlubang. Kondisi ini menyebabkan sisa-sisa makanan banyak terkumpul di sela-sela kawat gigi dan sulit untuk dibersihkan. Plak ini merupakan sarana bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang berkembang biak ini akan menghasilkan asam yang melarutkan email yang akhirnya mengakibatkan gigi berlubang.

Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa penggunaan kawat gigi tidak semudah yang banyak orang bayangkan. Pemasangan kawat gigi perlu melalui prosedur yang sangat hati-hati yang mana melibatkan berbagai pemeriksaan. Selain itu, pemasangan kawat gigi juga harus dilakukan oleh dokter spesialis orthodonti guna menekan risiko timbulnya efek samping serta hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

Setelah mengetahui dampak pemakaian kawat gigi, maka sebaiknya Anda tidak memakainya jika bukan untuk tujuan kesehatan. Begitu juga bagi Anda yang menggunakan kawat gigi untuk tujuan kesehatan agar tetap waspada akan efek sampingnya. Jika Anda memang ingin memasang kawat gigi, sebaiknya Anda mengunjungi rumah sakit atau klinik kesehatan yang resmi yang tentunya telah berpengalaman dalam hal ini. Bila Anda yang telah menggunakan kawat gigi, maka jangan abaikan perawatannya terutama dalam hal pembersihan sisa makanan yang menyangkut di gigi. Untuk pembersihan yang optimal, sebaiknya Anda menggunakan sikat gigi khusus.

Sumber gambar :alivia-oktaviani.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY