Pertumbuhan Sel Kanker Payudara pada Setiap Stadium

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh wanita, jika tidak ditangani dengan baik maka kanker ini bisa menjangkit ke bagian tubuh lain dan akan semakin membahayakan bagi tubuh penderita.

Untuk mengetahui sudah seberapa parah kanker yang dialami, maka dibuatlah istilah stadium untuk menggambarkan bagaimana keadaan tersebut. Stadium adalah standar atau penamaan dar suatu fase dari tumbuhnya sel kanker yang ada dalam tubuh, diberikan standarisasi untuk kanker agar memudahkan dokter dalam menganalisis sudah seberapa parah kanker yang ada dan bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya, dalam kanker payudara juga tidak lepas dari adanya standarisasi yang diberinama stadium tersebut, berikut adalah pertumbuhan sel kanker pada setiap stadiumnya:

  • Stadium 0. Sel kanker payudara pada stadium ini masih berada dalam pembuluh/saluran payudara dan juga dalam kelenjar susu.
  • Stadium 1A. pada kondisi ini sel kanker yang ada masih sangat kecil dan tdak menyebar serta tidak ditemukan juga pada kelenjar getah bening.
  • Stadium 1B. pada konsisi ini sel kanker sudah mulai memasuki kelenjar getah bening dengan bentuk yang kecil di dekat payudara. pada kondisi ini bisa saja penderita tidak memiliki tumor ataupun jika ada tumor ukurannya kurang dari 2cm.
  • Stadium 2A. fase ini menunjukan pertumbuhan sel kanker payudara berukuran kurang dari 2 cm dan sudah mulai masuk ke kelenjar getah bening yang berada di area sekitar ketiak. Namun bisa juga pada kasus tertentu ukuran kanker sudah sebesar 2-5cm dan sel kanker belum menyebar ke kelenjar geth bening, pada kasus lainnya bisa juga tidak adanya tumor pada payudara tetapu titik-titik kanker di sekitar pembuluh getah bening mulai bermunculan.
  • Stadium 2B. pad fase ini kondidi kanker sudah berukuran 2-5cm, sel kanker telah menyebar ke titik pembuluh getah bening yang ada pada ketiak, ukuran tumor sebesar 5 cm namun tumor belum menyebar ke adaerah lain.
  • Stadium 3A. pada fase ini, ukuran kanker sudah sebesar lebih dari 5 cm, se-sel kanker juga sudah menyebar ke titik-titik pmbuluh getah bening di ketiak. Pada beberapa kasus pada fase ini yang terjadi adalah tumor sudah sebesar 5cm, dan sudah menyebar ke 3 kelenjar getah bening di ketiak atau yang ada di tulang dada.
  • Stadium 3B. pada kondisi ini sel kanker sudah menyebar ke getah bening di ketiak dan lengan atas. Perubahan secara fisik pada payudara pun mudah untuk dilihat karena adanya pembengkakan yang terjadi pada dinding dada dan adanya luka yang menghasilkan nanah.
  • Stadium 3C. Pada kondisi ini setidaknya sudah 10 titik pembuluh getah bening yang berada di bawah tulang selngka sudah terkena kanker.
  • Stadium 4. Ini adalah kondisi yang sudah parah dalam fase pertumbuhan sel kanker, pada stadium 4 ukuran sel kanker sudah tidak diketahui dan kanker pun sudah menyebar ke bagian lainnya, seperti tulan rusuk, paru-pau, dan juga hati. (RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY