Perubahan Pada Vagina yang Umum Terjadi Pasca Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika organ intim wanita akan mengalami perubahan pasca melahirkan. Hal itu terjadi karena saat persalinan normal, bayi akan keluar melalui vagina wanita sebagai jalur lahir. Lantas apa saja perubahan yang umumnya terjadi pada vagina pasca melahirkan?

Vagina mengendur pasca melahirkan

Salah satu keistimewaan vagina adalah tidak hanya mempunyai elastisitas, namun juga kemampuan untuk kembali pulih. Hanya saja vagina juga dikelilingi oleh otot-otot yang bisa mengalami kendur setelah melalui proses persalinan.

Otot vagina yang kendur tergantung dari beberapa faktor. Diantaranya ukuran bayi, lamanya proses persalinan, hingga gen bawaan dari orangtua. Satu hal yang pasti setelah menjalani persalinan, seluruh wanita akan mengalami perubahan pada organ intimnya.

Wanita bisa merasa vagina miliknya lebih lunak, lemas, dan kendur. Selain itu vagina juga bisa terasa memar atau membengkak. Hal tersebut diakibatkan relaksasi otot dasar panggul yang bereaksi selama persalinan.

Setelah menjalani proses persalinan, perlahan-lahan rasa memar dan bengkak pada vagina akan menghilang. Ibu kemudian bisa melakukan senam kegel guna mengembalikan kondisi vagina agar kencang dan tidak kendur.

Vagina menerima jahitan pasca melahirkan

Semua wanita akan mengalami nyeri atau sakit setelah menjalani proses persalinan. Kemudian vagina akan mendapatkan jahitan guna mengurangi luka yang muncul. Kondisi inilah yang akhirnya membuat vagina mengalami perubahan pasca melahirkan.

Namun jangan khawatir dengan jahitan pada vagina, karena proses tersebut tidak semengerikan yang didengar. Ibu sebelum vaginanya dijahit, akan diberikan bius lokal. Rasa nyeri akibat jahitan akan muncul sekitar satu minggu, kemudian berangsur-angsur akan menghilang.

Benang yang digunakan untuk menjahit vagina adalah benang jahit medis khusus. Strukturnya lembut dan mudah larut, sehingga tidak memerlukan prosedur pelepasan untuk jahitan tersebut. Guna menghilangkan rasa sakit akibat jahitan, ibu juga bisa meminta obat penghilang rasa sakit.

Vagina terasa kering pasca melahirkan

Setelah melahirkan vagina akan terasa lebih kering dan kesat. Hal itu terjadi karena kadar estrogen yang tinggi selama hamil, perlahan-lahan menurun. Namun ibu tidak perlu khawatir karena tingkat estrogen akan pulih dengan sendirinya, khususnya ketika telah menstruasi kembali.

Guna mengatasi kekeringan saat berhubungan intim, ibu bisa memanfaatkan lubrikasi yang tersedia di apotek. Namun pilihlah lubrikasi dari bahan-bahan yang aman guna menghindari terjadinya infeksi.

Muncul perasaan takut saat berhubungan seksual pasca melahirkan

Tentu saja perubahan-perubahan yang terjadi pada vagina setelah melahirkan, akan memberikan rasa takut pada ibu saat pertama kali kembali melakukan hubungan seksual. Kondisi tersebut adalah hal yang umum dialami setiap wanita pasca melahirkan.

Rasa takut itu akan membuat ibu merasa ogah-ogahan untuk berhubungan seks. Dalam menghadapi kondisi seperti ini, suami harus memberikan rasa nyaman pada istri. Berikan semangat dan motivasi pada istri agar segera kembali menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here