Perubahan Psikis yang Terjadi pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hamil merupakan impian semua wanita. Apalagi bagi mereka yang telah menikah. Maka hamil menjadi prioritas seorang wanita. Dengan hamil mereka akan segera memiliki keturunan. Namun, pada saat hamil, tidak semuanya berjalan mulus. Ada beberapa keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil.

Saat hamil seorang wanita akan mengalami perubahan fisik berupa membesarnya perut karena ada janin dan lain sebagainya. Selain perubahan fisik, ibu hamil juga merasakan perubahan lain dalam dirinya yaitu perubahan secara psikis.

Jika perubahan fisik bisa dirasakan oleh ibu hamil. Perubahan psikis cenderung lebih tidak dirasakan atau tidak disadari. Ibu hamil kadang-kadang secara tiba-tiba menangis, marah-marah atau bahkan menangis tanpa alasan. Perubahan psikis tersebut disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Ada berbagai perubahan psikis yang terjadi saat anda hamil. Perubahan-perubahan tersebut meliputi:

  1. Mood yang sering berubah

Ibu yang sedang hamil memiliki perasaan yang lebih sensitif dari semua wanita. Tak jarang mereka lebih mudah menangis, tiba-tiba banyak tertawa. Ia juga mudah marah walaupun seseorang hanya membuat kesalahan yang kecil sekalipun. Suami juga bisa menjadi korban istrinya yang sedang hamil, ibu hamil ada yang sebal ketika suami berada disampinya tapi tidak semua ibu hamil mengalami suasana ini.

  1. Sering mimpi buruk

Hamil menjadikan seorang ibu berhati-hati dalam segala hal agar tidak membahayakan keadaan janinnya. Jadi ibu hamil sering merasa khawatir yang berlebih sehingga terbawa ke alam mimpi. Meskipun begitu ibu harus bisa membedakan antara mimpi dan kenyataan. Mimpi buruk yang anda alami jangan terlalu dikhawatirkan sehingga tidak mempengaruhi kehidupan nyata.

  1. Ngidam yang aneh-aneh

Sudah menjadi tradisi saat wanita hamil pasti akan minta makanan yang aneh atau biasa disebut dengan ngidam. Ibu hamil sering meminta makanan atau hal-hal yang susah dicari di lingkungan sekitar. Jika ibu hamil ngidam boleh dituruti asalkan keadaan tersebut tidak membahayakan ibu, janin atau orang yang memenuhi ngidam tersebut.

  1. Banyak makan

Selain ngidam yang aneh-aneh, ibu hamil akan lebih banyak makan dibanding sebelum hamil. Perubahan ini  harus anda kontrol karena jika tidak maka akan berdampak obesitas. Obesitas akan mempersulit anda saat proses persalinan. Jadi anda harus berhati-hati.

  1. Mudah lupa

Ibu hamil akan lebih mudah lupa terhadap suatu hal. Bisa dibilang bahwa seorang ibu hamil biasanya akan lupa tentang apa saja yang dikatakannya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here