Perubahan Rambut Paska Melahirkan pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tak hanya saat hamil saja perempuan mengalami perubahan berupa fisik maupun psikologis. Ternyata setelah melahirkan wanita juga mengalami perubahan salah satunya pada rambut. Mungkin saat hamil rambut anda terlihat indah dan tebal karena saat hamil rambut anda mengalami pertumbuhan aktif. Tapi siapa sangka setelah melahirkan ternyata banyak perubahan yang terjadi pada rambut anda.

Ada beberapa perubahan yang terjadi pada rambut anda paska melahirkan namun dianggap normal karena kebanyakan wanita mengalaminya setelah melahirkan.

Perubahan rambut pada wanita setelah melahirkan bisa berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing individu. Adapun perubahan rambut yang terjadi paska melahirkan umumnya pada wanita adalah sebagai berikut ini:

  1. Rambut menjadi rontok

Rambut rontok merupakan kejadian yang paling umum paska melahirkan pada wanita. Hal itu terjadi karena paska melahirkan laju pertumbuhan rambut anda akan melambat. Tapi kerontokan rambut tersebut tidak akan sampai membuat anda botak, jadi tenang saja.

Kerontokan rambut akan berbahaya jika disertai gejala lain seperti penurunan berat badan, perubahan pola buang air besar dan intoleransi terhadap panas dan dingin. Jika anda mengalami gejala tambahan tersebut maka sebaiknya periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

  1. Tumbuh jenggot

Pada beberapa wanita akan mengalami kejadian unik paska melahirkan pada rambutnya. Tidak hanya rambut kepala saja yang mengalami perubahan. Uniknya beberapa wanita akan mengalami pertumbuhan jenggot.

Tumbuhnya jenggot setelah melahirkan terjadi apabila hormon estrogen pada tubuh anda masih tinggi setelah melahirkan maka tubuh akan mengubahnya menjadi testosteron yang akhirnya memicu pertumbuhan jenggot. Jika jenggot tumbuh lebat, anda bisa menghilangkannya dengan waxing atau laser.

  1. Tumbuh rambut di dahi

Selain tumbuh jenggot, anda juga akan mengalami pertumbuhan rambut dibagian dahi. Rambut yang tumbuh di dahi mungkin tidak begitu jelas karena yang tumbuh adalah rambut halus.

  1. Rambut semakin menipis

Pertumbuhan rambut yang melambat sehingga membuat rambuk sering rontok menyebabkan rambut anda menipis, oleh karena itu saat dipegang rambut akan terasa berbeda atau tipis setelah melahirkan.

Itulah keadaan yang akan terjadi pada rambut anda setelah melahirkan. Tapi jangan khawatir semua itu bisa kembali seperti biasanya, rambut akan indah lagi. Agar proses menormalkan rambut lebih cepat anda bisa menggunakan shampo atau produk perawatan rambut yang membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut anda lebih sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here