Perubahan Tubuh yang Menjadi Gejala Kanker

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbagai pihak menganjurkan agar setiap orang peduli terhadap merebaknya penyakit kanker. Terlebih penyakit kanker dapat menyerang siapa saja, sekaligus sebagai penyebab kematian yang cukup tinggi. Lantas apa saja perubahan tubuh yang menjadi gejala kanker?

Kebanyakan kasus yang mengalami kanker selalu berujung pada kematian. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenani penyakit kanker. Penderita biasanya baru datang ke dokter ketika kondisinya sudah parah, karena tubuhnya telah diserang kanker.

Padahal jika penderita kanker mendapat pertolongan medis lebih cepat, maka pengobatan bisa dilakukan secara lebih maksimal. Salah satu kunci kesuksesan dalam penanganan kanker adalah melakukan langkah-langkah medis sedini mungkin.

Hal tersebut sama saja menganjurkan seseorang untuk memahami gejala-gejala penyakit kanker. Setidaknya terdapat beberapa perubahan tubuh yang bisa menjadi indikasi gejala kanker. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut uraiannya.

Berat tubuh seseorang tiba-tiba turun drastis

Jika selama ini seseorang merasa kelebihan berat badan lantas tanpa penyebab mengalami penurunan drastis, maka waspadalah. Bisa saja perubahan tersebut terjadi karena munculnya penyakit mengerikan, yang sedang menggerayangi di dalam tubuh. Lakukan pemeriksaan medis, sehingga benar-benar mengetahui apa yang sedang terjadi.

Mengalami penurunan hemoglobin

Lesu, lelah atau lemas merupakan perubahan pada tubuh yang menandai bahwa hemoglobin sedang mengalami penurunan. Hal tersebut bisa dikatakan normal karena aktivitas sehari-hari. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan ke dokter. Pasalnya penurunan hemoglobin juga dapat menjadi tanda-tanda munculnya penyakit kanker.

Mengalami rasa sakit pada bagian tubuh yang tak sembuh

Apabila seseorang mengalami rasa sakit pada salah satu bagian tubuh dalam beberapa waktu dan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya harus waspada. Sesegera mungkin untuk memeriksakan kesehatan ke dokter spesialis, terlebih jika rasa sakit yang dialami membuat tubuh tidak mampu beraktivitas. Kondisi tersebut adalah salah satu gejala yang juga muncul pada penyakit kanker.

Mengalami pendarahan pada bagian tubuh yang tidak biasa

Munculnya benjolan di tubuh khususnya pada payudara menjadi salah satu gejala kanker. Selain itu munculnya pendarahan pada bagian tubuh yang tak lazim, juga dapat menjadi gejala munculnya kanker. Alhasil apabila seseorang mengalami pendarahan pada tubuh, dianjurkan segera memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Mengalami nyeri pada tubuh yang berkepanjangan

Nyeri pada tubuh juga dapat dikatakan sebagai salah satu kondisi gejala pada kanker. Tidak dipungkiri jika rasa nyeri sering terjadi pada seseorang, apalagi yang baru saja menjalani aktivitas fisik yang berat. Namun nyeri tersebut akan menghilang dengan sendirinya, setelah seseorang beristirahat.

Apabila  rasa nyeri terus terjadi meski sudah dilakukan pengobatan, maka bisa saja ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Jangan menyepelekan rasa nyeri pada tubuh, karena itu bisa menjadi salah satu gejala munculnya kanker. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here