Perubahan yang Terjadi pada Pria Setelah Memasuki Usia 30 Tahun

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang pasti akan mengalami penuaan dan bertambahnya usia tidak akan bisa membohongi perubahan fisik yang juga akan terjadi, termasuk juga para pria. Ada beberapa perubahan fisik yang akan dialami oleh pria saat usianya memasuki 30 tahun ke atas, dan beberapa perlu diperhatikan karena bisa membahayakan bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Munculnya perut buncit

Perut buncit merupakan salah satu perubahan fisik yang terjadi pada pria ketika memasuki usia 30 tahunan. Seiring dengan bertambahnya usia maka tubuh juga akan semakin sedikit dalam proses pembakaran kalori sehingga memicu penumpukan lemak di bagian perut. Sebaiknya perhatikan asupan makanan ketika sudah memasuki usia 30-an, tetap menjaga pola hidup sehat serta perlu diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin.

  1. Masalah jantung

Bertambahnya usia bisa melemahkan kesehatan jantung. Jantung akan lebih sedikit memompa darah dan punya kecenderungan menumpuk kolesterol. Jika pola makan tidak diperhatikan, bisa menyebabkan terkena penyakit kolesterol yang berujung pada banyak penyakit kardiovaskular, seperti penyumbatan arteri, serangan jantung dan stroke

  1. Gairah cinta menurun

Ketika usia pria di atas 30 tahun, dirinya punya potensi mengalami penurunan hormon testosteron sehingga akan berpengaruh ketika sedang bercinta atau kurang bergairah di atas ranjang. Hal ini juga bisa menyebabkan masalah rumah tangga dan menyebabkan depresi bagi pria, sehingga dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika hal tersebut mempengaruhi kehidupan seksual Anda bersama pasangan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Risiko kanker prostat

Beberapa pria di atas usia 30 tahun akan mulai mengembangkan risiko terkena penyakit kanker prostat. Gejala awal yang bisa dirasakan dan dilihat adalah mucul rasa sakit ketika buang air kecil, disfungsi ereksi, sering buang air kecil saat malam hari dan sebagainya. Selain itu di usia 30tahunan pria juga rentan mengalami kanker testis. Oleh karena itu jika mengalami keluhan seperti rasa nyeri di bagian testis, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan medis agar segera mendapatkan penanganan oleh ahlinya.

  1. Masalah otot

Setelah 30 tahun, jaringan otot pada pria akan mengalami penurunan fleksibilitas dan kontraksi. Untuk menghindari kemunduran fisik ini, ada baiknya para pria mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D serta rutin berolahraga setiap harinya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Dengan melakukan olahraga secara rutin bahkan bisa juga menghindari nyeri sendi. Tak perlu olahraga berat seperti angkat beban, olahraga ringan seperti jalan atau lari, asalkan rutin dilakukan setiap hari.

Untuk menghindari perubahan kesehatan yang signifikan, pria yang memasuki umur 30 tahun sebaiknya mulai menjaga pola makan dan memperhatikan bahan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi sehingga makanan dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh dan tidak membuat masalah kesehatan baru. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here