PERUT MULAS

Definisi
Kolik adalah kondisi frustasi yang ditandai dengan tekanan yang signifikan pada bayi yang cukup makan atau bayi yang sehat dimana periodenya dapat diprediksi. Bayi yang mengalami kolik sering menangis lebih dari tiga jam sehari, tiga hari seminggu selama tiga minggu atau lebih. Tidak melakukan tindakan apapun untuk menolong bayi Anda selama periode ini tampaknya tetap akan membantu kondisinya.

Kolik dapat memberi tekanan pada Anda dan bayi Anda. Tetapi, tetaplah mencoba senyaman mungkin: kolik berlangsung relatif singkat. Dalam hitungan minggu atau bulan, kolik akan berakhir, dan Anda telah melewati salah satu tantangan besar pertama sebagai orang tua.

Gejala
Rewel dan menangis adalah hal yang normal pada bayi, dan bayi rewel tidak selalu mengalami kolik. Pada bayi cukup makan dan sehat, tanda-tanda kolik meliputi:

  • Episode menangis yang dapat ditebak. Seorang bayi yang mengalami kolik sering menangis sekitar waktu yang sama setiap hari, biasanya pada sore hari atau malam. Episode kolik dapat berlangsung dari beberapa menit sampai tiga jam atau lebih pada hari tertentu. Bayi Anda mungkin buang air besar atau buang angin pada akhir episode kolik.
  • Menangis yang intens dan tidak dapat dihibur. Menangis akibat kolik berlangsung intens, suara tertekan dan sering bernada tinggi. Wajah bayi Anda mungkin menjadi merah, dan dia sangat sulit – jika tidak mustahil – untuk didiamkan atau dihibur.
  • Menangis tanpa alasan yang jelas. Adalah hal normal bagi bayi yang kadang-kadang menangis. Tapi, menangis biasanya berarti bahwa bayi membutuhkan sesuatu, seperti makanan atau popok bersih. Menangis akibat kolik terjadi tanpa sebab yang jelas.
  • Perubahan postur. Kaki meringkuk, tangan mengepal dan otot perut tegang adalah hal yang umum selama episode kolik.

Kolik adalah kondisi yang umum. Biasanya terjadi beberapa minggu setelah lahir dan biasanya mulai membaik setelah berusia 3 bulan. Saat usia 4-5 bulan, sebagian besar bayi yang mengalami kolik akan membaik.

Kapan Anda Harus ke Dokter?
Mintalah bantuan medis segera jika bayi Anda menangis akibat terjatuh, cedera atau sakit.

Hubungi dokter bayi Anda jika:

  • Anda melihat warna kebiru-biruan pada bibir atau kulit bayi Anda selama ia menangis.
  • Anda khawatir tentang tangisan bayi Anda, terutama jika Anda melihat perubahan kebiasaan makan, tidur atau perilakunya.
    Anda dapat membantu dokter bayi Anda dengan mencatat dalam buku harian ketika bayi Anda menangis dan durasinya. Juga mencatat kebiasaan tidur dan pola makan bayi Anda.

Penyebab
Penyebab kolik tidak diketahui. Para peneliti telah meneliti sejumlah kemungkinan, termasuk alergi, intoleransi laktosa, perubahan pada bakteri normal yang ditemukan dalam sistem pencernaan, sistem pencernaan yang belum sepenuhnya berkembang, kecemasan orang tua, dan perbedaan dalam cara memberi makan atau menghibur bayi. Namun itu masih belum jelas mengapa beberapa bayi mengalami kolik dan yang lainnya tidak.

Faktor Risiko
Bayi dari seorang ibu yang merokok selama kehamilan atau setelah melahirkan memiliki risiko lebih besar terkena kolik.

Banyak teori lain tentang apa yang membuat anak lebih rentan terhadap kolik telah diusulkan, tetapi tidak yang berhasil memberikan bukti. Misalnya:

  • Kolik tidak terjadi lebih sering pada bayi sulung yang bayi yang diberi susu formula.
  • Makanan dari ibu yang menyusui mungkin tidak memicu kolik.
  • Perempuan dan laki-laki – tidak peduli apa urutan kelahiran mereka atau bagaimana mereka makan – akan mengalami kolik pada umur yang sama.

Komplikasi
Meskipun kolik menyebabkan kesulitan pada seluruh anggota keluarga, kolik tidak memiliki konsekuensi medis yang kekal. Bayi yang mengalami kolik tetap tumbuh dan berkembang secara normal.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Ketika Anda membawa bayi ke dokter, sangat disarankan pada Anda untuk mempersiapkan diri sebelum pertemuan tersebut. Berikut ini beberapa informasi yang dapat membantu Anda bersiap-siap untuk janji pertemuan Anda dan yang dapat Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan?
Untuk mempersiapkan janji Anda, Anda dapat:

  • Mencatat episode menangis bayi Anda, termasuk kapan dan seberapa sering ia menangis, berapa lama durasinya, serta pengamatan yang Anda buat tentang perilaku bayi Anda sebelum, selama dan setelah episode tersebut.
  • Tuliskan bagaimana cara Anda untuk mencoba menenangkan bayi Anda dan hasilnya.
  • Catatlah makanan dan jadwal makan bayi Anda, serta kelebihan atau penurunan berat badan.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan Anda tanyakan pada dokter.

Mempersiapkan daftar pertanyaan akan membantu Anda memanfaatkan waktu konsultasi seefektif mungkin dengan dokter bayi Anda.

Untuk kolik, berikut beberapa pertanyaan umum yang dapat Anda tanyakan:

  • Apakah bayi saya mengalami kolik atau ada alasan lain kenapa ia menangis?
  • Apa efek kolik terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi saya?
  • Apakah ada pengobatan yang efektif untuk kolik?
  • Bagaimana saya dan keluarga saya mengatasi episode menangisnya?
  • Apakah Anda memiliki brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Website apa yang anda rekomendasikan untuk saya kunjungi?

Selama janji Anda, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain.

Apa yang dapat Anda harapkan dari dokter?
Dokter bayi Anda kemungkinan akan mengajukan sejumlah pertanyaan, seperti:

  • Dapatkah Anda menjelaskan episode menangis yang khas pada bayi Anda? Kapan itu terjadi? Berapa lama ia menangis? Seperti apa suara tangisan bayi Anda?
  • Hal-hal apa yang Anda lakukan untuk mencoba menenangkan bayi Anda? Seberapa baik hal-hal tersebut bekerja?
  • Apakah bayi Anda memiliki masalah saat makan?
  • Apa makanan yang Anda berikan kepada bayi Anda, dan seberapa sering Anda memberinya makan?
  • Seberapa sering dan berapa banyak bayi Anda gumoh?
  • Apakah bayi Anda pernah mengalami kesulitan bernapas selama episode ini?
  • Bagaimana Anda mengatasi ketika bayi Anda menangis? Bagaimana dengan anggota keluarga Anda yang lain?

Tes dan Diagnosis
Dokter bayi Anda akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengidentifikasi kemungkinan penyebab kondisi bayi Anda, seperti penyumbatan pada usus (obstruksi usus). Jika bayi Anda sehat, ia dapat didiagnosis mengalami kolik.

Tes laboratorium, sinar-X dan tes diagnostik lainnya biasanya tidak diperlukan, tetapi dalam kasus yang tidak diketahui kejelasannya, tes-tes tersebut akan membantu untuk mengesampingkan kondisi lain yang mungkin juga menjadi penyebab.

Perawatan dan Obat-obatan
Kolik akan membaik sendiri, biasanya pada usia 3 bulan. Sayangnya, tidak ada perawatan yang terbukti secara konsisten dapat membantu setiap bayi. Perawatan yang telah dicoba antara lain:

  • Obat yang meringankan gejala gas di lambung. Tersedia over-the-counter, obat yang meringankan gas seperti simetikon, mungkin tidak akan bermanfaat banyak untuk meringankan gejala pada bayi Anda. Obat-obat ini umumnya dianggap aman, kecuali bagi bayi yang harus menggunakan obat tiroid pengganti.
  • Probiotik. Probiotik adalah zat yang membantu menjaga keseimbangan alam bakteri baik dalam saluran pencernaan. Karena bayi yang mengalami kolik mungkin memiliki ketidakseimbangan bakteri yang membantu tersebut, peneliti telah mencoba untuk mengganti beberapa probiotik ini dalam sejumlah penelitian. Salah satunya, yang disebut Lactobacillus reuteri, dapat menurunkan gejala kolik secara signifikan. Tapi, hasil penelitian ini ada simpang-siur. Beberapa telah menunjukkan manfaat, sementara yang lain tidak menemukan manfaatnya. Secara keseluruhan, saat ini para ahli tidak merasa bahwa ada cukup bukti untuk merekomendasikan penggunaan probiotik untuk mengobati kolik.

Bicarakan dengan dokter bayi Anda sebelum memberikan bayi Anda obat apapun untuk mengobati kolik yang dialaminya.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Dokter bayi Anda mungkin tidak dapat menyembuhkan kolik atau membuat penyakit ini membaik dengan cepat, tetapi ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk menenangkan bayi.

Tips untuk menyusui bayi
Jika Anda berpikir bayi Anda mungkin lapar, cobalah untuk menyusuinya guna menangani kerewelan. Strategi menyusui lainnya juga dapat membantu:

  • Pegang bayi Anda setegak mungkin selama menyusui. Berilah jeda sesering mungkin selama menyusui bayi Anda untuk agar ia bersendawa. Kadang-kadang sedikit menyusui Anda tetapi sering sangat membantu. Jika Anda menyusui, mungkin akan membantu jika bayi Anda disusui pada satu payudara dulu sampai itu hampir kosong baru beralih kesisi lain. Ini memberikan bayi Anda dengan hindmilk yang kaya lemak dan membuat bayi Anda lebih kenyang, haus sebelum mendapat foremilk akan muncul saat awal menyusui.
  • Pertimbangkan untuk mengubah makanan Anda, jika menyusui. Makanan ibu menyusui mungkin tidak berperan dalam gejala kolik pada bayi. Namun, dalam keluarga yang memiliki riwayat alergi, menghilangkan potensial alergen dari makanan mungkin tidak akan mengatasi alergi makanan yang tidak diketahui pada bayi Anda. Jika Anda menyusui, dokter bayi Anda mungkin akan menyarankan agar Anda mencoba menghilangkan makanan yang paling mungkin menyebabkan alergi – seperti susu, kacang tanah, kacang pohon, gandum, kedelai dan ikan – selama dua minggu untuk melihat apakah gejala bayi Anda membaik. Namun, bicarakanlah dengan dokter bayi Anda terlebih dahulu sebelum mengubah diet Anda.
  • Ganti susu formula bayi Anda. Seperti menyusui, susu formula bayi Anda bukanlah penyebab kemungkinan gejalanya. Namun, berubah ke jenis susu formula yang disebut susu formula hidrolisat (Similac Expert Care Alimentum, Nutramigen, Pregestimil) mungkin akan membuat perbedaan jika bayi Anda alergi terhadap susu sapi atau intoleransi susu. Protein dalam susu formula ini sudah dipecah, sehingga membuatnya lebih mudah dicerna. Jika alergi atau intoleransi adalah penyebab gejala pada bayi Anda, Anda akan melihat respon dalam waktu dua hari saat Anda mengganti susu formula. Jika tidak ada perbaikan, Anda dapat beralih kembali ke susu formula awal Anda karena susu formula hidrosolat jauh lebih mahal daripada susu formula standar.
  • Mengganti botol. Ada berbagai botol dan dot yang dapat dipilih. Mencoba berbagai jenis botol atau dot bisa membantu meringankan beberapa gejala bayi Anda. Botol yang memiliki tas dilipat pakai dapat mengurangi jumlah udara yang ditelan bayi Anda.

Tips untuk menenangkan bayi
Untuk menenangkan bayi Anda yang menangis, Anda dapat mencoba untuk:

  • Tawarkan dot. Bagi bayi pada umumnya, mengisap membuatnya tenang. Bahkan jika Anda menyusui, tidak apa-apa untuk menawarkan dot untuk menenangkan bayi Anda.
  • Peganglah bayi Anda. Memeluk dapat menenangkan beberapa bayi. Bayi lainnya tenang ketika dipegang erat dan terbungkus dalam selimut ringan. Untuk memberikan tangan Anda istirahat, cobalah sling bayi atau jenis penggendong bayi. Jangan khawatir tentang memanjakan bayi Anda dengan memegangnya terlalu banyak.
  • Jaga bayi Anda tetap bergerak. Goyangkan perlahan bayi di lengan atau di ayunan bayi. Periksa dengan pedoman produsen untuk memastikan ayunan cocok untuk usia bayi Anda. Baringkan perut bayi Anda, berlutut dan kemudian goyangkan lutut Anda perlahan-lahan. Berjalan-jalan dengan bayi Anda, atau gesper bayi di kursi mobil saat mengemudi. Gunakan kursi dan tempat tidur bayi yang bergetar.
  • Menyanyi untuk bayi Anda. Sebuah lagu yang lembut mungkin dapat menenangkan bayi. Dan bahkan jika lagu pengantar tidur tidak membuat bayi Anda berhenti menangis, nyanyian itu dapat menenangkan bagi Anda. Rekaman musik dapat membantu juga.
  • Tingkatkan suara bising. Beberapa bayi akan mulai berhenti menangis jika mereka mendengar suara bising yang stabil. Ketika memegang atau menggoyang bayi Anda, cobalah terus-menerus membuat suara “shssss”. Nnyalakan kipas dapur atau exhaust fan kamar mandi, atau memutar kaset atau CD yang bersuara lingkungan, seperti gelombang laut, air terjun, hujan lembut atau detak jantung manusia. Kadang-kadang centang dari jam atau metronom juga bisa membantu.
  • Gunakan air panas atau sentuhan lembut. Mandikan bayi Anda dengan air hangat. Gosoklah perut bayi Anda dengan lembut.
  • Berikan bayi Anda beberapa waktu pribadi. Jika tidak ada tindakan lain yang tampaknya bekerja, letakkan bayi Anda dalam tempat tidurnya selama 5-10 menit.

Ketika Anda kehabisan ide
Kadang-kadang, Anda tidak akan dapat menenangkan bayi Anda yang menangis. Tindakan yang biasanya bekerja dengan baik pada satu hari dapat memperburuk tangisan bayi Anda pada hari-hari lain. Jika saraf Anda sudah merasa lelah, ingat:

  • Jangan pernah mengguncang bayi. Jika Anda frustrasi dengan tangisan bayi Anda dan mengancam meluapnya emosi, minta bantuanlah untuk menenangkan bayi Anda kepada orang dewasa lain yang terpercaya. Jika Anda sendirian dengan bayi Anda, tempatkan ia di suatu tempat yang aman, misalnya di tempat tidur.
  • Tidak apa-apa membiarkan orang lain membantu Anda. Mendengarkan bayi yang menangis untuk waktu yang lama bisa membuat stres, jadi rencanakan waktu agar Anda dapat beristirahat. Mintalah waktu seseorang untuk membantu Anda dengan bayi sehingga Anda dapat memiliki beberapa saat untuk beristirahat.

o Pengobatan Alternatif
Beberapa orang tua melaporkan menenangkan bayinya yang menangis dengan pengobatan alternatif, seperti:

  • Teh herbal
  • Obat herbal, seperti minyak adas
  • Obat homeopati
  • Air gula
  • Air mengeluh (campuran air dan tumbuhan)
  • Terapi pijat
  • Manipulasi chiropractic
  • Akupunktur

Tapi, tidak ada terapi alternatif untuk kolik yang telah terbukti secara konsisten dapat membantu. Beberapanya bahkan mungkin berbahaya.

Produk herbal dan suplemen tidak diatur dengan cara yang sama seperti obat. Produk tersebut mungkin mengandung jumlah bahan-bahan tertentu yang tidak konsisten, atau mungkin terkontaminasi.

Beberapa obat homeopati mengandung sejumlah rendah zat yang berbahaya. Bahkan sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya, seperti air gula, bisa menjadi masalah jika hal itu mengganggu bayi Anda untuk dapat makan dengan baik.

Sebelum mencoba terapi alternatif, berbicaralah dengan dokter bayi Anda untuk mencari tahu apa yang aman dan apa yang mungkin berbahaya.

o Penanganan dan Dukungan
Merawat bayi yang mengalami kolik bisa sangat melelahkan dan membuat stres, bahkan untuk orang tua yang berpengalaman sekalipun. Ingatlah untuk mengurus diri sendiri juga. Saran ini mungkin dapat membantu:

  • Ambillah waktu beristirahat. Bila Anda telah melakukan apa yang Anda bisa, mintalah pasangan Anda atau orang terdekat lainnya untuk mengambil alih sementara waktu. Beristirahatlah ketika bayi Anda dipegang oleh teman atau tetangga. Bahkan satu jam saja, itu akan dapat membantu menyegarkan Anda.
  • Ekspresikan perasaan Anda. Ini normal bagi orang tua yang berada dalam situasi ini merasa tak berdaya, depresi, bersalah atau marah. Curhatlah kepada pasangan Anda, teman atau pendengar baik lainnya.
  • Cobalah untuk tetap positif. Jangan mengukur keberhasilan Anda sebagai orang tua dengan seberapa lama bayi Anda menangis. Kolik bukanlah akibat ketidakberhasilan orangtua.
  • Jaga kesehatan diri Anda juga. Makan makanan yang sehat. Luangkan waktu untuk olahraga, seperti berjalan setiap hari. Jika Anda bisa, tidurlah saat bayi tidur – bahkan saat siang hari. Hindari alkohol dan obat-obatan lainnya.
  • Ingatlah bahwa itu sementara. Episode kolik sering membaik saat berusia 3 bulan.

Ini juga penting untuk mengenali kekurangan Anda. Jika bayi Anda menangis menyebabkan Anda kehilangan kontrol, tempatkan bayi di tempat yang aman – seperti tempat tidur – dan pergilah ke ruangan lain untuk menenangkan diri sendiri. Jika perlu, hubungi dokter Anda, layanan intervensi krisis lokal atau pusat bantuan kesehatan mental lainnya untuk dukungan tambahan. Jangan pernah mengguncang bayi Anda. Saran ini berlaku tidak hanya untuk orang tua tetapi juga untuk orang lain yang peduli pada anak Anda.