Pil KB Dapat Menyebabkan Vagina Menjadi Kering

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gairah seksual setelah meningkah memang kadang tak bisa dikontrol dan kapan saja bisa datang. Sebenarnya bagi pasangan suami istri tak masalah jika ingin bercinta kapan saja, namun beberapa orang khawatir jika terlalu sering bercinta maka akan membuat istri tiba-tiba hamil di saat waktu yang mungkin belum tepat, apalagi bagi suami istri yang takut kebobolan karena sudah punya anak banyak.

Kekhawatiran di atas yang umumnya membuat anda sebagai seorang wanita memilih untuk menggunakan pengaman atau alat kontrasepsi sehingga tidak akan kebobolan meski sering bercinta. Salah satu alat kontrasepsi yang sering digunakan oleh wanita yaitu pil KB.

Penggunaan pil KB ini memang cukup efektif untuk menunda kehamilan sebab sifatnya yang dikonsumsi setiap hari sehingga yang penting anda mengonsumsi rajin setiap hari maka kemungkinan kebobolan atau hamil juga kecil. Hal tersebut juga yang membuat wanita menggunakan metode kontrasepsi pil KB dalam waktu yang lama. Padahal konumsi pil KB yang terlalu lama dapat memberikan efek yang membuat anda merasa tidak nyaman. Efek samping yang tidak nyaman saat konsumsi pil KB jangka panjang yaitu vagina menjadi kering.

Vagina kering merupakan masalah yang umum dialami oleh wanita menopause karena tingkat esterogen wanita menopause akan semakin rendah. Namun, wanita usia subur juga bisa mengalami vagina kering. Hal itu bisa disebabkan karena adanya masalah hormon yaitu esterogen yang menurun sehingga aliran darah yang menuju ke jaringan dalam vagina juga berkurang dan vagina menjadi kering.

Seperti halnya penjelasan di atas. Keringnya vagina akibat konsumsi pil KB ini terjadi karena pil KB mengandung hormon yang meniru paruh kedua siklus menstruasi. Sehingga mempengaruhi hormon esterogen menjadi rendah sedangkan hormon progesteron menjadi lebih dominan dan vagina menjadi kering.

Vagina kering akibat konsumsi pil KB mungkin tidak anda rasakan dan justru orang lain yang merasakan. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya tidak semua wanita mengalami efek samping pil KB yang satu ini. Lalu apa yang harus dilakukan jika pil KB memberikan efek vagina kering dan harus menggunakan kontrasepsi jenis apa?. Agar vagina tak kering dan anda tetap bisa menggunakan alat kontrasepsi, anda bisa menggunakan solusi yaitu memilih dan menggunakan metode kontrasepsi lainnya yang tidak memiliki efek membuat vagiana kering. Contohnya yaitu IUD atau pil progestin. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here