Pilihan Menu Berbuka Puasa Bagi yang Sedang Menjalani Diet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa selain bernilai ibadah juga digunakan sebagai momen untuk berdiet bagi wanita. Sebab saat puasa anda akan menahan makan kurang lebih 14 jam, otomatis makanan yang dikonsumsipun akan berkurang sehingga kesempatan menurunkan berat badan juga besar.

Namun, tak sedikit wanita kadang mengeluhkan berat badan masih tetap dan tak jarang justru bertambah saat puasa. Ya, hal itu bisa saja terjadi karena pola makan anda saat puasa tidak diatur dengan baik, anda mungkin juga melakukan kebiasaan setelah sahur tidur yang bisa membuat anda justru bertambah berat badan atau mungkin karena pilihan menu makanan yang kurang tepat.

Untuk memilih makanan yang tepat bagi yang menjalani diet saat puasa berikut pilihan menu yang dapat membantu anda melakukan diet dengan tepat:

  1. Minum air dan karbohidrat

Selain membuat anda kenyang sehingga hanya makan sedikit, minum air putih saat buka puasa akan membantu menghidrasi tubuh anda sembari melakukan diet. Air putih saja belum cukup sehingga anda membutuhkan karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Nasi merah

Bagi orang diet nasi putih cukup dihindari karena terlalu cepat dicerna oleh tubuh dan juga kalorinya yang cukup tinggi sehingga takut berat badan naik. Solusinya anda bisa memilih makan nasi merah saja dibanding dengan nasi putih.

  1. Kentang rebus

Makanan pengganti karbohidrat selain nasi putih yaitu kentang rebus. Kentang rebus bisa menjadi pilihan menu diet buka puasa anda jika merasa bosan dengan nasi merah. Kalori kentang juga lebih rendah.

  1. Ikan

Tentunya tak hanya karbohidrat saja yang anda butuhkan saat diet. Untuk lauknya anda bisa menambahkan ikan. Jenis ikannya bebas, namun jika anda ingin ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 yang bagus, ikan salmon bisa menjadi pilihannya karena sehat yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Kurma

Mudah sekali menemukan kurma di bulan puasa, karena semua orang pasti sudah menyediakan kurma di rumah agar dikonsumsi saat berbuka puasa. Bagi anda yang sedang diet, buka puasa dengan kurma merupakan pilihan yang tepat.

  1. Salad

Jika anda orang yang menjalani diet pasti tidak asing lagi dengan salad. Saat puasa anda juga masih bisa makan salad sebagai makanan berbuka puasa anda. Salad rendah kalori dan serat yang tinggi jadi tepat untuk diet.

Itulah beberapa pilihan menu berbuka puasa untuk yang sedang menjalani diet. Perlu diingat bahwa anda sebaiknya mengolah makanan dengan tidak di goreng karena akan menganggu diet yang anda jalani, lebih baik masak dengan di bakar atau di rebus saja. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here