Pilihan Olahraga Bagi Penyandang Obesitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tubuh yang gemuk merupakan suatu keadaan yang tidak hanya menyulitkan kita dalam melakukan aktivitas. Tetapi memiliki tubuh gemuk juga beresiko gampang terkena penyakit. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki badan berlebihan atau obesitas mereka takut untuk berolahraga dengan alasan malu dengan kondisinya, takut cedera dan merasakan sakit ringan dan nyeri pada persendian yang pada akhirnya mereka memutuskan untuk tidak melakukan olahraga lagi. Selain itu kebanyakan orang yang memiliki berat badan berlebihan mereka merasa jika dirinya tidak akan pernah bisa untuk melakukan aktivitas. Beberapa olahraga yang dianjurkan untuk penyandang obesitas?

  1. Berjalan kaki

Berjalan merupakan jenis olahraga yang murah dan mudah. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebihan jenis olahraga ini merupakan olahraga yang baik tanpa harus merasa takut cedera atau mengalami gangguan kesehatan lainnya.

  1. Berolahraga air

Bagi seseorang penyandang obesitas   dengan melakukan olahraga di dalam air dapat membantu untuk mengurangi beban yang diberikan pada persendian tubuh sehingga sangat baik untuk dilakukan oleh penyandang obesitas. Menurut penelitian pada saat melakukan olahraga air sebaiknya penyandang obesitas menggunakan baju agar tidak kedinginan. Apabila kedinginan akan memicu rasa lapar. Sehingga dengan menggunakan pakaian maka akan mencegah rasa lapar tersebut.

  1. Bersepeda statis

Menurut dr Michael Triangto SpKo seorang pakar kesehatan di bidang olahraga menyatakan melakukan olahraga denga sepeda statis yang ada sandaran dan sadel yang lebar itu bisa di kayuh oleh orang gemuk dengan berat badan tubuh 100 kg. Olahraga ini merupakan olahraga yang aman karena tidak memberikan tekanan pada tubuh seorang penyandang obesitas.

  1. Latihan fungsional

Melakukan latihan fungsional seperti duduk dan berdiri di kursih, naik turun ke tangga merupakan suatu aktivitas yang baik untuk dilakukan oleh penyandang obesitas. Latihan fungsional ini mimiliki fungsi untuk membakar kalori sekaligus membuat otot-otot yang gerak menjadi kuat.

  1. Yoga

Olahraga merupakan aktivitas yang dilatih agar tubuh dalam kondisi rileks meski tubuh sedang melakukan olahraga. Jenis olahraga ini salah satu yang dianjurkan untuk penyandang obesitas.

  1. Senam

Olahraga yang dimaksud disini bukan jenis senam yang menerapkan gerakan seperti lompatan. Jenis senam yang dimaksud disini merupakan senam yang dilakukan secara perlahan dan tumpuan kaki yang lembut untuk mengurangi penekanan pada sendi saat melakukan latihan. Sebaiknya pada saat melakukan jenis olahraga ini anda membutuhkan seorang pelatih atau instruktur yang berpengalaman untuk membantu anda pada saat melakukan olahraga. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here