PLANTAR FASCIITIS

DEFINISI
Plantar fasciitis merupakan salah satu penyebab paling umum nyeri tumit. Gejala Ini menyebabkan sakit dan peradangan pada jaringan yang tebal, yang disebut plantar fasia, yang berada di bawah kaki dan menghubungkan tumit dan jari-jari kaki.

Plantar fasciitis umumnya menyebabkan nyeri menusuk yang biasanya terjadi diawal di pagi hari. Setelah otot kaki melemas, rasa sakit plantar fasciitis biasanya menurun, tetapi mungkin akan kembali setelah berdiri cukup lama atau setelah bangun dari posisi duduk.

Plantar fasciitis merupakan hal yang umum bagi seorang pelari. Selain itu, orang-orang yang kelebihan berat badan dan orang-orang yang memakai sepatu yang tidak sesuai akan beresiko terkena plantar fasciitis.

GEJALA
Plantar fasciitis biasanya menyebabkan rasa sakit menusuk di bawah telapak kaki dekat tumit. Rasa paling sakit biasanya pada langkah pertama setelah bangun tidur, walaupun itu juga dapat dipicu oleh lama berdiri atau bangun dari posisi duduk.

PENYEBAB
Dalam keadaan normal, plantar fasia bertindak seperti peredam goncangan, yang mendukung lengkungan di kaki Anda. Jika ketegangan pada bowstring terlalu besar, itu dapat membuat tetesan kecil di fasia. Peregangan berulang dan merobek dapat menyebabkan fasia menjadi rusak atau meradang.

FAKTOR RESIKO
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko trekena plantar fasciitis meliputi:

  • Usia. Plantar fasciitis merupakan penyakit yang paling umum antara usia 40 dan 60.
  • Kegiatan/latihan tertentu. Kegiatan yang menempatkan banyak stres pada tumit dan penggunaan jaringan, seperti berjalan jarak jauh, menari balet dan tari aerobic, dapat menyebabkan plantar fasciitis.
  • Mekanika kaki rusak. Telapak datar, memiliki sebuah lengkungan tinggi atau bahkan memiliki sebuah pola berjalan yang abnormal dapat mempengaruhi cara berat didistribusikan ketika berdiri dan menempatkan tekanan tambahan pada plantar fasia.
  • Obesitas. Berat badan menyebabkan tekanan tambahan pada plantar fasia.
  • Pekerjaan yang menempatkan berat pada kaki. Pekerja pabrik, guru dan orang yang menghabiskan sebagian besar jam kerja mereka berjalan atau berdiri pada permukaan yang keras dapat merusak plantar fasia.

KOMPLIKASI
Mengabaikan plantar fasciitis dapat mengakibatkan sakit kronis pada tumit yang menghalangi aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda mengubah cara berjalan untuk meminimalkan resiko terserang penyakit, Anda mungkin juga mengalami kaki, lutut, pinggul atau masalah punggung.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Anda mungkin akan berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu, namun Anda mungkin disarankan untuk berkonsultasi pada dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan kaki atau dokter Olahraga.

Apa yang dapat Anda lakukan
Anda mungkin ingin menulis sebuah daftar yang mencakup:

  • Deskripsi rinci tentang gejala Anda
  • Informasi tentang masalah medis Anda miliki
  • Informasi tentang masalah-masalah medis dari orang tua atau saudara kandung Anda
  • Semua obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi
  • Pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Apa yang diharapkan dari dokter Anda
Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya dapat mereservasi waktu untuk mendiskusikan pertanyaan lain secara lebih mendalam. Beberapa pertanyaan dokter meliputi:

  • Apakah gejala cenderung terjadi pada waktu tertentu?
  • Jenis sepatu apa yang biasa Anda pakai?
  • Apakah Anda seorang pelari, atau berpartisipasi dalam olahraga seperti berjalan?
  • Apakah Anda memiliki pekerjaan yang menuntut fisik?
  • Pernahkah Anda mengalami cedera kaki sebelumnya?
  • Selain kaki Anda, Apakah Anda merasa sakit di tempat lain?
  • Apakah ada yang meningkatkan gejala Anda?
  • Apakah ada yang muncul memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Selama tes fisik, dokter memeriksa titik-titik lembut di kaki Anda. Lokasi nyeri Anda dapat membantu menentukan penyebabnya.

Tes pencitraan
Biasanya tidak ada tes yang perlu dilakukan. Diagnosis dibuat berdasarkan sejarah dan pemeriksaan fisik. Kadang-kadang dokter Anda mungkin menyarankan X-ray atau Pencitraan Resonansi Magnetis (MRI) untuk memastikan rasa sakit Anda tidak disebabkan oleh masalah lain, seperti stres patah tulang atau saraf yang terjepit. Kadang-kadang X-ray menunjukkan proyeksi taji tulang yang maju dari tulang tumit. dahulunya, taji tulang ini sering dikatakan nyeri tumit dan diangkat dengan pembedahan. Tetapi banyak orang yang memiliki taji pada tumit mereka dan tidak mengalami sakit tumit.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Kebanyakan orang yang memiliki plantar fasciitis pulih dengan perawatan konservatif hanya beberapa bulan.

Obat
Obat penghilang gejala nyeri seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan naproxen (Aleve) dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan plantar fasciitis.

Terapi
Peregangan dan penguatan latihan atau penggunaan perangkat khusus dapat meringankan gejala. Terapi Ini termasuk:

  • Terapi fisik. Terapis fisik dapat menginstruksikan Anda dalam serangkaian latihan peregangan plantar fasia dan tendon achilles dan memperkuat otot-otot kaki lebih rendah, yang menstabilkan pergelangan kaki dan tumit. Terapi juga dapat mengajarkan Anda untuk menerapkan cara atletik untuk mendukung bagian bawah kaki Anda.
  • Bidai malam. Dokter Anda dapat merekomendasikan mengenakan bidai yang membentang di betis Anda dan lengkungan kaki saat Anda tidur. Ini memegang plantar fasia dan tendon achilles di posisi yang dipanjangkan semalam dan memfasilitasi peregangan.
  • Orthotics. Dokter dapat meresepkan cangkir tumit, bantal atau custom yang dipasang mendukung (orthotics) membantu mendistribusikan tekanan untuk kaki yang lebih merata.

Bedah atau prosedur lain
Ketika langkah-langkah konservatif tidak bekerja, dokter mungkin merekomendasikan:

  • Suntikan Steroid. Menyuntikkan jenis obat-obatan steroid ke daerah tertentu dapat meringankan nyeri sementara waktu. Beberapa suntikan tidak dianjurkan karena mereka dapat melemahkan plantar fasia dan mungkin menyebabkan plantar fasia pecah, serta mengecilkan pad lemak yang menutupi tulang tumit Anda.
  • Terapi Gelombang kejut. Dalam prosedur ini, gelombang suara yang diarahkan pada daerah yang sakit untuk merangsang penyembuhan. Hal ini biasanya digunakan untuk plantar fasciitis kronis yang tidak menanggapi pengobatan konservatif. Prosedur ini dapat menyebabkan memar, pembengkakan, nyeri, mati rasa atau kesemutan dan belum terbukti efektif secara konsisten.
  • Bedah. Beberapa orang membutuhkan operasi untuk melepaskan plantar fasia dari tulang tumit. Hal ini umumnya pilihan hanya ketika rasa sakit parah dan semua pengobatan lain gagal. Efek samping termasuk melemahnya lengkungan di kaki Anda.

GAYA HIDUP DAN PEAWATAN RUMAH
Untuk mengurangi rasa sakit plantar fasciitis, coba tips perawatan ini:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat. Ini meminimalkan tekanan pada plantar fasia.
  • Memilih sepatu yang sesuai. Hindari sepatu hak tinggi. Membeli sepatu dengan rendah tumit, baik dukungan lengkungan dan shock serap. Jangan pergi tanpa alas kaki, khususnya pada permukaan yang keras.
  • Jangan memakai sepatu atletik usang. Ganti sepatu atletik yang lama sebelum mengakibatkan keusakan dan bantalan kaki Anda. Jika Anda seorang pelari, membeli sepatu baru setelah sekitar 500 mil dari penggunaan.
  • Mengubah olahraga Anda. Mencoba olahraga dampak rendah, seperti berenang atau Bersepeda, berjalan atau jogging.
  • Gunakan es. Menggunakan kain yang tertutup es keatas daerah yang sakit untuk 15 sampai 20 menit selama tiga atau empat kali sehari atau setelah aktivitas. Atau mencoba pijat es. Membekukan cangkir kertas berisi air dan gulung di atasnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama sekitar lima sampai tujuh menit. Es pijat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Peregangan lengkungan Anda. Latihan di rumah dapat meegangkan plantar fasia, Achilles tendon dan otot betis Anda.