Plus Minus Minyak Rambut (Gel) Bagi Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria modis nan klimis dengan tatanan rambut rapi mulai banyak dijumpai. Hal ini tidak terlepas dari makin beragamnya produk untuk menunjang penampilan pria. Dalam hal ini adalah rambut. Salah satu produk tersebut adalah gel. Namun, ada plus-minus yang perlu diketahui terhadap penggunaan gel rambut bagi pria.

Banyaknya jenis minyak rambut tentu memiliki kegunaannya masing-masing. Jadi, Anda jangan sampai asal pilih dalam pemakaiannya. Gel rambut misalnya, memiliki kegunaan yang berbeda dengan hair wax atau pomade.

Berbicara mengenai hair gel, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Hair gel adalah salah satu jenis minyak rambut yang lebih kasar, kaku, dan keras dibanding hair wax. Produk ini mengandung resin yang dapat melapisi rambut dengan kuat dan kaku, namun tetap membuat rambut terlihat basah.
  • Hair gel sangat cocok digunakan bagi Anda yang suka gaya rambut berdiri, seperti mohak.

Kekurangan

  • Hair gel memiliki kandungan air yang membuatnya tidak bisa bertahan sangat lama pada rambut.
  • Karena memiliki efek ‘kaku’, rambut Anda lebih sulit disisir atau diatur ulang kalau acak-acakan.
  • Terkadang, gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia korosif yang menanggalkan kelembaban dari rambut dan kulit kepala serta membuat rambut terasa kering. Tak hanya kering, gel rambut bisa menghambat produksi rambut. Rambut pun rapuh terhadap masalah kulit kepala, seperti gatal.
  • Senyawa kimia hadir dalam gel rambut bersama dengan polutan eksternal. Ini dapat menyumbat folikel rambut dan pada akhirnya menyebabkan rambut rontok. Masalah lebih besar pun siap menimpa pemakainya, yakni kebotakan.
  • Ketombe. Kulit kepala kering, kurang gizi, dan terinfeksi ditandai dengan iritasi, gatal serta kulit yang mengelupas dari kulit kepala yang akhirnya menyebabkan munculnya ketombe.
  • Perubahan warna dan kerusakan, perubahan warna rambut juga menjadi efek samping yang umum dari penggunaaan gel rambut. Gel rambut mampu mengganggu keseimbangan pH rambut dan membuat warna rambut terlihat kusam.
  • Sejumlah produk gel rambut juga ditenggarai bisa memicu kanker. Kandungan berbahaya, seperti Parabens, sulfates, dan glycerin umum terdapat dalam berbagai produk kosmetika.

Meski penggunaan gel rambut memiliki beberapa kekurangan, namun dampak tersebut tidak langsung terlihat. Dampak buruknya bisa saja baru terlihat setelah beberapa tahun. Hal ini tergantung dari seberapa lama dan banyaknya penggunaan gel rambut. Selain itu, kandungan suatu produk gel rambut juga berkontribusi terhadap berbagai dampak tersebut.

Sebagai langkah aman, perhatikan kandungan zat yang ada di dalam produk hair gel. Anda juga perlu mengetahui cara membilas atau mencuci kepala setelah penggunaan hair gel. Langkah-langkah antisipatif tersebut setidaknya dapat meminimalisir dampak negatif dari penggunaan hair gel di kemudian hari. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here