PNEUMONITIS

DEFINISI
Pneumonitis adalah istilah umum yang mengacu pada peradangan jaringan paru-paru. Meskipun pneumonia secara teknis adalah jenis pneumonitis karena infeksi menyebabkan peradangan, kebanyakan dokter merujuk kepada penyebab lain dari peradangan paru-paru ketika mereka menggunakan istilah “pneumonitis.”

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan pneumonitis mencakup paparan udara iritasi pada pekerjaan Anda atau dari hobi Anda. Selain itu, beberapa jenis pengobatan kanker dan puluhan obat dapat menyebabkan pneumonitis. Kesulitan bernapas yang sering disertai dengan batuk kering adalah gejala yang paling umum dari pneumonitis. Tes khusus diperlukan untuk membuat diagnosis. Pengobatan berfokus unruk menghindari iritasi dan mengurangi peradangan.

GEJALA
Gejala yang paling umum dari pneumonitis adalah sesak napas, yang dapat disertai dengan batuk kering. Jika pneumonitis tidak terdeteksi atau tidak diobati, Anda secara bertahap dapat mengembangkan pneumonitis kronis, yang dapat mengakibatkan jaringan parut (fibrosis) di paru-paru.

Tanda dan gejala kronis pneumonitis meliputi:

  • Sesak napas
  • Batuk
  • Kelelahan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Penurunan Berat badan tidak disengaja

Kapan Anda harus menemui dokter
Hubungi dokter Anda kapan saja Anda mengalami kesulitan bernapas, tidak peduli apa yang mungkin menjadi penyebabnya.

PENYEBAB
Pneumonitis terjadi ketika zat yang cukup berbahaya menyebabkan kantung udara kecil (alveolus) di paru-paru untuk menjadi meradang. Peradangan ini membuat oksigen sulit untuk melewat alveoli dalam aliran darah.

Banyak iritasi, mulai dari udara cetakan untuk obat kemoterapi, telah dikaitkan dengan pneumonitis. Tapi bagi kebanyakan orang, zat tertentu yang menyebabkan peradangan pernah diidentifikasi. Pneumonitis penyebab dapat mencakup:

  • Obat-obatan. Berbagai obat dapat menyebabkan pneumonitis, termasuk beberapa antibiotik, beberapa jenis obat kemoterapi dan obat yang menjaga detak jantung Anda secara biasa. Overdosis Aspirin dapat menyebabkan pneumonitis.
  • Jamur dan bakteri. Paparan berulang beberapa cetakan dan bakteri dapat menyebabkan paru-paru meradang. Varietas tertentu yang terkait cetakan pneumonitis telah menerima julukan, seperti “paru-paru di petani” atau “tub air panas.”
  • Burung. Paparan bulu atau kotoran burung merupakan penyebab umum pneumonitis.
  • Perawatan radiasi. Beberapa orang yang menjalani terapi radiasi untuk dada, seperti kanker payudara atau paru-paru, mungkin mengalami pneumonitis. Pneumonitis juga dapat terjadi setelah terapi radiasi seluruh tubuh, yang diperlukan untuk mempersiapkan transplantasi sumsum tulang.

FAKTOR RESIKO
Pekerjaan atau hobi
Beberapa pekerjaan dan hobi menyebabkan risiko yang lebih tinggi terkena pneumonitis, diantaranya:

  • Pertanian. Banyak jenis kegiatan pertanian mengekspos pekerja terkena kabut dan pestisida. Menghirup udara dengan partikel berjamur rumput kering adalah salah satu penyebab paling umum dari pneumonitis. Cetakan partikel juga dapat dihirup selama tuaian gandum dan jerami.
  • Penanganan burung. Pekerja unggas dan orang-orang yang mengembangbiakan atau menjaga burung merpati yang sering terkena kotoran, bulu, dan bahan lain yang dapat menyebabkan pneumonitis.
  • Jacuzzi dan pelembap. Kondisi berjamur dalam bak air panas dapat memicu pneumonitis karena tindakan menggelegak membuat kabut dapat dihirup. Pelembap rumah yang lain dapat membuat cetakan.

Pengobatan kanker
Beberapa obat kemoterapi dapat menyebabkan pneumonitis, bisa melakukan terapi radiasi untuk paru-paru. Kombinasi dari keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru yang tidak dapat diperbaiki.

KOMPLIKASI
Pneumonitis yang sembuh tanpa diketahui atau tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang tidak dapat diperbaiki. Biasanya, kantung udara di paru-paru Anda meregang dan bersantai dengan setiap napas. Peradangan kronis dari jaringan lapisan tipis setiap kantung udara dapat membuat kantung udara luka dan menjadi tidak fleksibel/kaku seperti spons kering. Ini disebut fibrosis paru. Dalam kasus yang parah, fibrosis paru dapat menyebabkangagal jantung, kegagalan pernafasan, dan kematian.

PERSIAPAN SEBELUM MENEMUI DOKTER
Sementara Anda awalnya dapat berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, dia dapat mengarahkan Anda ke Dr.Soepandi, seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam gangguan paru-paru.

Apa yang dapat Anda lakukan
Anda mungkin ingin menulis sebuah daftar yang mencakup:

  • Deskripsi rinci tentang gejala Anda, termasuk kapan mereka mulai dan jika sesuatu yang tampaknya menyebabkan membaik atau semakin parah.
  • Informasi tentang masalah medis Anda miliki dan perawatanya.
  • Informasi tentang masalah-masalah medis dari orang tua atau saudara kandung Anda.
  • Semua obat-obatan dan suplemen yang Adna konsumsi dan sudah berapa lama?
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda ingin tanyakan dokter

Apa yang bisa Anda diharapkan dari dokter
Riwayat medis dan pemeriksaan fisik menyeluruh dapat memberikan petunjuk penting mengenai apa yang mungkin menyebabkan gejala-gejala Anda. Dokter Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah Anda seorang perokok atau pernah merokok?
  • Jenis pekerjaan apa atau hobi Apa yang Anda memiliki?
  • Apakah Anda memiliki hot tub pribadi atau humidifier di rumah?
  • Apakah Anda pernah berada di sekitar Merpati atau burung peliharaan?

TES DAN DIAGNOSIS
Selama tes fisik, dokter akan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan dengan cermat paru-paru Anda sementara Anda bernapas. Untuk membedakan pneumonitis dari gangguan paru-paru lainnya, Anda mungkin memiliki satu atau lebih dari pengujian berikut.

Tes darah
Tes darah tertentu dapat berguna untuk penentuan diagnosis.
Tes pencitraan
Tes pencitraan berguna karena dalam kebanyakan kasus, radang paru-paru hanya berpengaruh kecil, sebagian paru-paru lokal, sementara efek noninfectious pneumonitis sering tersebar di seluruh di lima lobus paru-paru.

  • X-ray. Tes ini tidak menyakitkan, hanya menyebabkan sejumlah kecil radiasi melewati dada untuk menghasilkan gambar paru-paru. X-Ray dilakukan hanya beberapa selama menit.
  • Computerized tomography (CT). CT scan menggabungkan gambar sinar x yang diambil dari berbagai sudut ke gambar penampang yang rinci. Tes ini tidak menyakitkan yang melibatkan Anda harus berbaring di atas meja sempit yang dapat digeser ke dalam mesin besar, berbentuk donat. CT scan biasanya ddilakukan selama kurang dari 15 menit untuk dilakukan. Computerized tomography memberikan lebih banyak detail perubahan dalam paru-paru Anda daripada apa X-ray.

Tes fungsi paru-paru
Tes ini disebut Spirometri, mengukur jumlah udara yang dapat Anda hirup dan bernapas dalam jangka waktu tertentu. Dokter Anda juga dapat mengukur seberapa efisien paru-paru Anda mentransfer gas dari udara ke dalam aliran darah selama latihan. Cara lain untuk menilai seberapa baik paru-paru Anda bekerja adalah untuk mengukur oksigen dalam darah Anda dengan oximeter, perangkat yang tanpa rasa sakit klem di jari Anda.

Bronchoscopy
Bronchoscopy adalah prosedur yang menggunakan sebuah tabung fleksibel berulir bawah leher Anda untuk melihat saluran udara dan mengumpulkan sampel dari paru-paru Anda. Selama bronchoscopy, dokter Anda mungkin menyiram bagian paru-paru Anda dengan air asin untuk mengumpulkan sel paru-paru dan bahan lainnya. Prosedur pembilasan ini dikenal sebagai lavage. Dokter Anda mungkin juga memasukkan alat kecil melalui lingkup untuk mengangkat sampel kecil dari sel-sel dari jaringan paru-paru untuk pengujian.

Biopsi bedah paru-paru
Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin ingin memeriksa sampel jaringan yang lebih besar dari beberapa lokasi di paru-paru Anda yang tidak bisa dihubungi melalui bronchoscopy. Sebuah prosedur bedah untuk mendapatkan contoh-contoh ini mungkin diperlukan.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Jika Anda memiliki hipersensitivitas atau pneumonitis kimia, dokter akan merekomendasikan menghilangkan paparan penyebab alergi atau kimia merusak paru-paru Anda. Langkah ini akan membantu mengurangi gejala-gejala Anda.

Dalam kasus yang parah, pengobatan juga dapat mencakup:

  • Kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan menekan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan di paru-paru Anda. Kortikosteroid biasanya diambil sebagai pil. Namun, penggunaan kortikosteroid jangka panjang juga meningkatkan risiko Anda mengalami infeksi dan dikaitkan dengan penipisan tulang (osteoporosis).
  • Terapi oksigen. Jika Anda mengalami banyak kesulitan bernapas, Anda mungkin perlu terapi oksigen melalui topeng atau tabung plastik dengan garpu yang cocok ke dalam lubang hidung Anda. Beberapa orang membutuhkan terapi oksigen secara terus-menerus, sementara orang lain mungkin hanya memerlukan selama latihan atau tidur.

GAYA HIDUP DAN PERAWATAN DI RUMAH
Diagnosis pneumonitis mungkin berarti bahwa Anda harus membuat perubahan gaya hidup untuk melindungi kesehatan Anda.
Misalnya, jika tugas Anda menyebabkan Anda behubungan dengan zat-zat yang bisa mengganggu paru-paru Anda, bicarakan dengan dokter Anda dan atasan di tempat kerja tentang cara-cara untuk melindungi diri sendiri, seperti memakai masker serbuk sari atau respirator debu. Jika hobi Anda yang menyebabkan masalah, Anda mungkin harus mencari hobi yang berbeda