Pola Hidup Tak Sehat Menyebabkan Wanita Tampak Tua

SehatFresh.com – Seiring dengan bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin kulit akan melemah. Ini membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Tidak hanya untuk orang yang lanjut usia, tanda-tanda penuaan seperti itu juga bisa tampak pada mereka yang masih berusia muda. Seringkali, tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat akibat pola hidup yang tidak sehat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 585 wanita di Inggris, China, dan Spanyol selama delapan tahun menunjukkan adanya kesamaan faktor yang memengaruhi kondisi kulit para responden. Faktor gaya hidup diketahui memberi pengaruh hingga 33 persen terkait sebarapa tua seorang wanita dilihat dari penampilan luarnya.

Tim peneliti memotret wajah para responden untuk membantu mengidentifikasi perkiraan usia dan apakah mereka tampak lebih muda atau tua dari usia mereka yang sebenarnya. Mereka kemudian membandingkan perkiraan usia antara responden yang menjalani gaya hidup sehat dan responden yang menjalani gaya hidup sebaliknya. Setelah dianalisa, perbedaannya ternyata cukup signifikan. Mereka dengan gaya hidup tidak sehat tampak 10,4 tahun lebih tua.

  • Pola makan yang buruk

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari tentunya akan sangat berpengaruh terhadap segala proses yang terjadi di dalam tubuh, termasuk proses pembentukan jaringan kulit. Kurangnya nutrisi dapat memicu penuaan dini. Selain itu, kurangnya konsumsi air putih akan menyebabkan kulit kering. Jenis kulit kering berpotensi menimbulkan tanda-tanda penuaan dini. Makanan terbaik untuk kesehatan kulit aialah makanan yang kaya vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran. Asupan nutrisi seimbang disertai asupan cairan yang cukup tidak hanya akan menjaga kesehatan kulit saja, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Merokok

Mereka yang merokok akan lebih cepat mengalami penuaan dini akibat kerusakan jaringan tubuh oleh zat-zat racun yang terkandung dalam rokok dan terjadi penyumbatan aliran darah yang menuju wajah. Ini mempercepat timbulnya keriput dan membuat rona wajah menjadi kusam.

  • Kurang tidur

Proses regenerasi sel-sel kulit akan terjadi selama tidur. Kurangnya waktu tidur mengakibatkan proses ini terganggu. Selain membuat kulit menjadi kusam, mata juga akan tampak lelah. Lama-kelamaan timbul lingkaran hitam di bawah kelopak mata yang kemudian memunculkan garis kerut di sekitar mata yang menjadi tanda penuaan dini.

Singkatnya, kesehatan kulit tidak dijamin oleh penggunaan krim mahal. Tapi, lebih pada bagaimana kita menjalani hidup dan memperlakukan tubuh agar kesehatannya tetap terjaga. Jika tidak disertai dengan pola hidup yang sehat, semahal apa pun krim yang digunakan tidak akan memberikan hasil yang Anda harapkan. Pola hidup sehat ini meliputi pola makan gizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta menghindari rokok dan alkohol.

Sumber gambar : www.sehatdancantikalami.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY