Pola Makan Buka Puasa yang Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu oleh orang yang sedang melakukan ibadah puasa. Setelah menahan haus dan lapar, waktu berbuka memang sangat menjanjikan untuk perut kita. Setiap makanan dan minuman akan terlihat sangat menggiurkan ketika siang hari.

Tidak heran, banyak yang memilih berbuka dengan berbagai jenis makanan dan minuman demi memuaskan rasa lapar dan haus yang sudah ditahan selama sehari. Tapi dengan makan dan minum yang banyak ketika berbuka puasa tidak menjamin kesehatan Anda nantinya. Lalu bagaimana buka puasa yang sehat?

  1. Cara mengolah makanan

Perhatikan cara mengolah makanan yang akan Anda jadikan menu untuk berbuka puasa. Cobalah untuk mengolah makanan dengan cara merebus, memanggang, atau mengkukusnya.

Hindari cara memasak dengan digoreng, karena makanan yang diolah dengan digoreng menandung lemak yang tidak baik untuk orang yang sedang berpuasa. Jika tetap ingin mengolah makanan Anda dengan menggorengnya, gunakanlah minyak yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

  1. Awalai dengan minum air putih

Saat sedang berpuasa, segala jenis es memang akan terlihat menggoda dan menjanjikan kesegaran. Mulai sekarang, coba untuk mengganti kebiasaan meminum es ketika berbuka dengan meminum air putih terlebih dahulu.

Air putih merupakan sumber hidrasi yang paling baik. Setidaknya, meminum satu gelas air putih saat berbuka bisa menjaga Anda dari dehidrasi.

  1. Hindari beberapa makanan dan minuman

Hindari makanan dengan cita rasa yang terlalu pedas, asin, asam, dan manis. Hindari juga makanan yang mengandung terlalu banyak lemak dan berminyak. Jenis makanan tersebut dapat mengganggu proses pencernaan makanan. Gunakan cabai dan garam secukupnya, agar makanan tetap aman dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut juga memicu penimbunan lemak dalam tubuh dan menaikan berat badan.

Minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh juga sebaiknya dihindari. Karena minuman tersebut memiliki sifat diuretik. Sifat ini mampu memicu buang air kecil lebih sering dan bisa membuat Anda lebih cepat kehilngan cairan tubuh.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Jangan lupakan sayur dan buah. Kandungan serat, vitamin dan mineral di dalam sayur dan buah bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Sayur dan buah juga bisa menjaga Anda dari lemas pada puasa berikutnya. Selain itu, kandungan serat pada keduanya membuat Anda kenyang lebih cepat, sehingga Anda bisa terhindar dari kekenyangan dan bisa beribadah tarawih lebih khusyuk.

  1. Jangan berlebihan

Ini merupakan yang paling penting, jangan makan dan minum secara berlebihan. Makan dan minum dengan berlebihan ketika berbuka puasa bisa menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan di lambung. Kadaan perut yang tidak nyaman akan menganggu aktivitas ibadah Anda yang lain.

Lebih baik berbuka dengan 1 atau 2 gelas air putih dan dilanjut dengan memakan kurma atau buah. Setelah pulang tarawih, barulah memakan makanan berat.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here