Pola Makan saat Hamil Berpengaruh pada Janin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil terkadang ada ibu yang tak membatasi konsumsi makanan, semua jenis makanan dimakan dengan anggapan semakin banyak makan justru semakin baik untuk kesehatan janin. Makan banyak saat hamil memang bagus, namun memakan semuanya tanpa memperhatikan kandungan gizi atau nutrisinya juga berbahaya.

Mengapa berbahaya? Karena mengonsumsi makanan sembarangan saat hamil akan berpengaruh pada kesehatan janin dan ibu tentunya. Dengan menjaga diri untuk selalu makan makanan yang sehat akan membuat janin anda bertumbuh dan berkembang dengan baik. Sebaliknya jika makanan yang tidak baik juga anda konsumsi maka akan memberikan dampak buruk pada janin.

Oleh karena itu menjaga pola makan saat hamil adalah sebuah kewajiban karena berpengaruh pada kesehatan janin anda. Untuk menjaga pola makan yang baik saat hamil, anda bisa menghindari makanan berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi ketika hamil antara lain:

  1. Alkohol

Untuk orang dewasa yang tidak hamil saja alkohol sebaiknya dihindari karena tak baik bagi kesehatan. Apalagi untuk ibu hamil tentunya harus menyingkirkan alkohol sejauh mungkin. Mengonsumsi alkohol atau sejenis minuman yang mengandung alkohol lainya tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan janin nantinya pada saat lahir memiliki berat badan rendah. Hal itu terjadi karena saat anda mengonsumsi alkohol, berat badan janin tidak bertambah dengan baik saat di kandungan.

  1. Minuman bersoda

Selain minuman beralkohol, minuman bersoda dengan pemanis buatan juga tidak boleh anda konsumsi. Minuman bersoda dengan pemanis buatan akan membuat tubuh janin mengalami obesitas baik saat masih bayi maupun kelak saat dewasa.

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari saat anda hamil agar janin tetap sehat. Selain mengetahui makanan yang perlu dihindari, anda juga perlu tahu makanan yang sehat dan perlu dikonsumsi untuk kesehatan janin. Misalnya anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, sayur dan buah yang memungkinkan anak memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Selain memiliki dampak buruk pada janin, pola makan yang buruk saat hamil juga berdampak buruk pada ibu yang mengandung. Pola makan yang buruk akan membuat ibu hamil sering mengeluh merasa mual, lelah, pegal, sembelit, varises dan masalah kulit. Hal ini terjadi karena tubuh ibu kekurangan nutrisi dari sumber makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pola makan saat hamil sangat berpengaruh pada janin dan juga ibunya. Jika anda ingin janin sehat makan makan makanan yang bergizi perlu anda terapkan dalam keseharian anda sehingga meminimalisir risiko penyakit berbahaya yang mungkin bisa terjadi pada janin dan juga anda tentunya. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here