Pola Makan yang Tepat untuk Ibu Hamil saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil mendapatkan keistimewaan untuk tidak berpuasa sama halnya dengan orang yang sakit atau sedang melakukan perjalanan jauh. Agama memperbolehkan wanita hamil tidak melaksanakan ibadah puasa jika mengkhawatirkan atau beresiko bagi sang janin. Namun, masih banyak pula ibu hamil yang tidak mau kehilangan moment penting di bulan ramadhan ini.

Bagi ibu hamil yang melaksanakan ibadah puasa alangkah baiknya menjaga pola hidup dan asupan gizi demi kesehatan ibu dan si janin.  Dibawah ini beberapa tips pola makan yang tepat bagi ibu hamil saat berpuasa:

  1. Pastikan ibu hamil sudah konsultasi kandungan ke dokter kehamilan, apakah puasa membahayakan bagi kesehatan ibu dan janin atau tidak. Menurut Ricky Susanto, M.Kes, SpOG “Kenaikan berat badan yang berlebihan akan memengaruhi metabolisme janin sehingga janin dapat berkembang lebih cepat dari usia kehamilannya, demikian juga sebaliknya, bila berat badan Ibu tidak bertambah dikhawatirkan perkembangan janin akan terganggu.” Maka dari itu, disarankan Ibu hamil sebaiknya menerapkan pola makan yang lebih sehat, bukan lebih banyak.
  2. Saat berpuasa kondisi tubuh akan lebih mudah kehilangan cairan dan dehidrasi. Perbanyak minum air mineral antara waktu buka hingga sahur, konsumsi sekitar 1,5 -2 liter air. Asupan cairan bisa didapatkan pada sayuran dan buah-buahan.
  3. Hindari kegiatan yang membuat cepat dehidrasi dan alangkah baiknya ibu hamil tidak terlalu melakukan aktifitas berat saat berpuasa. Sebaiknya tidak mengkonsumsi teh dan kopi, kopi menyebabkan tubuh sering buang air kecil sehingga membuat tubuh lebih cepat dehidrasi saat berpuasa.
  4. Kurangi konsumsi makanan manis

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka dan sahur mengakibatkan kadar gula darah naik dan menyebabkan tubuh sang ibu lebih cepat lelah.

  1. Hindari minuman beralkohol

Jauhilah semua minuman beralkohol yang bisa menyebabkan kecacatan fisik, keterbelakangan mental dan masalah emosional pada bayi. Alkohol juga beresiko menggangu perkembangan janin dalam kandungan dan menyebabkan keguguran.

  1. Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks

Nasi, gandum, beras merah dan cokelat merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan jenis ini memberikan energi yang tahan lama sehingga ibu hamil selama berpuasa.

  1. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Protein sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Mengkonsumsi makanan berprotein mampu memperlambat rasa lapar disiang hari karena mengandung banyak kalori yang disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.

Contohnya: daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

  1. Konsumsi makanan banyak serat

Mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna baik bagi kesehatan pencernaan ibu, contohnya kurma, sayur dan buah, kacang-kacangan, gandum dan biji-bijian. Makanan yang mengandung banyak serat mampu mencegah konstipasi atau sembelit

Jika ibu hamil memang sudah yakin untuk melaksanakan puasa ramadhan alangkah baiknya mengikuti semua anjuran dari dokter spesialis kehamilan dan menerapkan pola hidup lebih sehat demi perkembangan sang janin dan kesehatan sang ibu itu sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY