Posisi Duduk yang Baik Ketika di Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi Anda para remaja usia sekolah menengah pertama dan menengah atas, sekolah merupakan aktivitas utama Anda. Kebanyakan aktivitas di sekolah remaja habiskan di ruangan atau kelas bukanlah di outdoor (Luar kelas). Hal tersebut yang membuat para remaja sering duduk untuk menyimak pelajaran di bandingkan melakukan aktivitas lain seperti bermain dan lain-lain.

Biasanya Anda akan menghabiskan waktu selama 6-7 jam untuk menyimak pelajaran di kelas. Tentu bisa dibayangkan bagaimana bosannya Anda duduk dalam waktu lama. Karena faktor bosan tersebut atau karena merasa lelah untuk selalu duduk tegak, terkadang mungkin anda mencari posisi senyaman mungkin agar tetap bisa mengikuti pelajaran hingga selesai. Tak jarang anda menyenderkan kepala ke meja atau sekedar membelokkan badan untuk bersandar ke tembok guna menghilangkan rasa nyeri dan pegal pada tubuh.

Namun kebiasaan-kebiasaan di atas, jika sering dilakukan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tulang punggung atau tulang belakang anda. Kelainan tulang punggung yang sering dialami remaja akibat posisi duduk yang tidak baik ada 3 jenis, yaitu:

  1. Lordosis, merupakan kelainan akibat tulang punggung membengkok ke depan.
  2. Kifosis, yaitu kelainan akibat tulang punggung membengkok ke belakang (membungkuk).
  3. Skoliosis, merupakan kelainan akibat tulang punggung membengkok ke kiri atau kanan.

Untuk menghindari terjadinya kelainan tulang punggung seperti lordosis, kifosis dan skoliosis. Berikut cara duduk baik yang bisa anda gunakan ketika di sekolah, sehingga terhindar dari kelainan-kelainan tulang punggung tersebut:

  • Usahakan kursi yang ada di sekolah merupakan kursi yang memiliki sandaran.
  • Anda bisa duduk di kursi tersebut dengan cara menarik kursi mendekati meja, lalu duduk dengan posisi tubuh tegak. Serta menempelkan punggung anda ke sandaran kursi.
  • Saat duduk, pastikan punggung anda sudah dalam posisi yang nyaman.
  • Posisi paha anda sebaiknya horizontal, sejajar dengan lantai dan telapak kaki menapak ke lantai
  • Jangan membungkuk dan rileks.
  • Untuk mencegah tubuh merasa nyeri dan pegal-pegal, anda bisa melakukan peregangan otot ringan setiap beberapa jam sekali, seperti menyilangkan tangan secara bergantian.

Hal yang perlu dihindari ketika menulis, hindari posisi duduk dengan badan membungkuk ke depan.

Jangan mengangkat dan menyilangkan kaki anda ketika duduk. Sebab dengan posisi tersebut akan membuat anda tidak nyaman dan kesemutan karena menghambat aliran darah pada kaki.(DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY