Posisi Duduk Yang Tidak Aman Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu harus mulai memikirkan banyak hal agar tetap sehat dan aman selama masa kehamilan. Salah satu hal yang banyak dilupakan adalah posisi duduk yang benar saat hamil. Posisi duduk yang salah bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi, oleh karena itu ibu harus cerdas dalam memilih posisi duduk untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Berikut adalah beberapa kesalahan posisi duduk saat hamil yang harus dihindari:

Membungkuk

Pada awal kehamilan, mungkin posisi duduk membungkuk tidak akan begitu terasa dampak buruknya Akan tetapi jika usia kehaminan sudah memasuki trimester ketiga, posisi duduk membungkuk akan terasa sangat berat. Jika dibiasakan posisi duduk ini bisa membahayakan kesehatan ibu hamil karena beban diperut yang terlalu berat akan menimbulkan tulang belakang ibu menjadi bengkok karena beratnya beban yang harus di topang oleh sumsum tulang belakang. Posisi ini sangat tidak nyaman bagi ibu dan juga berbahaya bagi bayi. Jika posisi duduk ini tidak segera diperbaiki, tulang rusuk bisa menekan tubuh bayi dan meninggalkan bekas.

Duduk Dengan Kaki Menggantung

Duduk dengan kaki menggantung sangat tidak dianjurkan untuk para ibu yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan duduk dengan menggantungkan kaki akan meningkatkan aliran darah ke kaki, sehingga bisa memicu timbulnya pembengkakan pada kaki. Pembengkakan kaki adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan. Tetapi posisi duduk ini akan memperparah kondisi tersebut. Maka dari itu, usahakan agar telapak kaki menyentuh lantai jika sedang duduk.

Duduk Tanpa Bersandar

Duduk tanpa sandaran akan membuat punggung terasa tegang. Sakit punggung semasa hamil akan makin parah jika tidak menyandarkan punggung dan menjaga tulang belakang tetap lurus. Hindari duduk di bangku atau kursi dengan sandaran pendek agar tulang belakang tetap lurus.

Setengah Duduk

Posisi duduk setengah duduk seringkali dilakukan di atas tempat tidur. Posisi setengah duduk memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang. Hal ini dapat mengakibatkan rasa nyeri pada punggung dan tulang ekor jika. Posisi ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Ibu mungkin mulai merasakan nyeri di punggung jika duduk dengan posisi ini dalam waktu yang lama.

Lantas, Posisi Duduk Yang Seperti Apa Yang Aman Bagi Ibu Hamil?

Saat hamil, peningkatan berat badan sangat mempengaruhi ligamen dan otot. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada tubuh sehingga sulit untuk duduk dengan benar. Idealnya, posisi duduk terbaik untuk ibu hamil adalah dengan posisi punggung lurus dengan bahu tertarik ke belakang. Selama kehamilan, kaki akan rentan nyeri akibat kenaikan berat badan. Maka dari itu, ketika duduk atau berdiri, ibu perlu menyeimbangkan berat badan pada kedua kaki dengan membagi porsi tubuh pada kedua pinggul. Ibu hamil juga tidak boleh duduk di posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Ibu perlu mengubah posisi duduk untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan menghindari nyeri. Pastikan juga kursi yang ibu duduki mempunyai sandaran yang baik. Jika ibu harus duduk selama berjam-jam di meja kantor, usahakan untuk lebih sering meregangkan kaki Anda setiap jam dan mencoba untuk berjalan-jalan kecil di dekat meja kantor.

*pic meetdoctor.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here