Posisi Seks yang Aman Bagi Pria dengan Cedera Saraf Tulang Belakang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kasus cedera saraf tulang belakang bagi pria sering membuat tidak nyaman. Namun, kegiatan seksual tetap bisa dilakukan asal dengan memperhatikan posisi yang benar saat berhubungan seks. Minimal, rasa sakit bisa dikurangi dengan memberi terapi. Seperti meminum obat, tulang bagian belakang diistirahatkan sejenak dan mengompresnya dengan air hangat. Karena menurut Djoko Listiono Linggo, pada saat melakukan kegiatan seksual tulang belakang bagian bawahlah yang lebih banyak bergerak.

Beberapa posisi seks yang aman bagi pria dengan cedera saraf tulang belakang yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan Kursi Roda

Spinal cord injury (cedera saraf tulang belakang), merupakan luka/kerusakan yang terjadi pada saraf tulang belakang. Saraf ini terletak di ujung saluran/kanal tulang belakang. Pada umumnya, cedera ini sangat memengaruhi pada saat hubungan intim dengan pasangan Anda. Namun, jangan biarkan cedera ini mengganggu hubungan seks dengan pasangan. Anda masih bisa melakukan seks meskipun di kursi roda.

Anggapan bahwa pengguna kursi roda tidak mungkin melakukan aktivitas seksual tidak benar. Kursi roda biasanya digunakan oleh mereka yang mengalami cedera saraf tulang belakang (spinal cord injury) akibat kecelakaan. Nantinya Anda yang terkena penyakit saraf tulang belakang merasa fungsi pinggul untuk mendorong telah hilang, begitu juga kaki untuk menopang. Karenanya, mereka lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas dalam melakukan aktivitas seksual. Namun, beberapa posisi seksual justru lebih mudah dilakukan dengan menggunakan kursi roda. Saat ini banyak kursi roda modern yang memudahkan penggunanya mengunci rem sehingga aktivitas seksual di kursi roda lebih mudah dilakukan, melepas lengan kursi, melipat sandaran kursi dan memutar pelat kaki

  1. Posisi Menyamping (Spooning)

Selain kursi roda, posisi seks yang disarankan bagi Anda yang mengalami cedera saraf tulang belakang adalah posisi spooning wanita tidur menyamping dan menekuk kaki ke arah perut, membentuk posisi mirip sendok dengan pria berada di belakang wanita sambil memeluk tubuhnya terutama jika Anda pria. Menurut  catatan Journal of Spinal Cord Medicine adalah posisi spooning (posisi menyamping). Mengapa posisi menyamping ini jadi pilihan yang baik, karena posisi spooning membantu Anda meminimalisir tekanan dan masalah keseimbangan yang biasa dialami oleh seseorang yang mengalami cedera ini.

  1. Posisi Wanita di Atas Pria (Woman on Top)

Anda dan pasangan juga bisa menggunakan posisi woman on top alias wanita di atas. Posisikan pria duduk dengan memakai bantalan di belakang punggung. Posisi ini dapat membantu pria yang mengalami cedera saraf tulang belakang tidak banyak bergerak, aman, nyaman serta masih bisa berhubungan seks. Dalam melakukan hubungan seksual utamanya adalah Anda harus merasa nyaman dengan kondisi Anda dan menerima diri Anda sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here