Posisi Tidur yang Baik Ketika Sedang Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur bisa dikatakan sebagai salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan setiap orang. Pasalnya jika seseorang kurang tidur, kemungkinan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Namun bagi wanita yang sedang menstruasi (haid), aktivitas tidur mungkin saja tidak senyaman biasanya. Mau tahu kenapa, penasaran?

Pengertian atau definisi tidur

Tidur berasal dari bahasa latin somnus, yang artinya alami periode pemulihan, keadaan fisiologi dari istirahat untuk pikiran dan tubuh. Menurut Lanywati (2001) tidur adalah keadaan hilangnya kesadaran secara periodik dan normal. Menurut Guyton (1981) tidur adalah suatu keadaan tak sadar yang dialami seseorang, namun dapat dibangunkan kembali dengan rangsangan yang cukup.

Tidur sebenarnya bukan hanya memejamkan mata saja, namun juga harus mengetahui posisi yang nyaman dan baik. Dengan demikian ketika seseorang terbangun dari tidur, tidak mengalami keadaan nyeri atau pegal-pegal di badan.

Sulit mencari posisi tidur yang baik saat menstruasi

Menstruasi merupakan siklus reproduksi yang dialami wanita. Siklus ini meliputi psikologis, korteks serebri, panca indera hipofisis, serta endrogen (Manuaba, 2009). Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini posisi tidur yang baik bagi wanita saat menstruasi.

Tidak dipungkiri jika kram dan sakit perut sering menyerang di awal menstruasi. Nyeri karena menstruasi sering tidak bisa ditahan, sehingga membuat wanita sulit beraktivitas. Nyeri menstruasi juga kerap dialami wanita ketika malam hari, sehingga membuat sulit tidur nyenyak.

Ketika nyeri menstruasi menghampiri, menentukan posisi tidur yang tepat bukanlah perkara gampang. Namun nyatanya ada satu posisi tidur yang dapat membantu meredakan sakit ketika menstruasi, sehingga wanita merasa lebih nyaman.

Posisi tidur foetal cukup nyaman saat menstruasi

Foetal adalah posisi tidur yang sangat disarankan ketika wanita sedang mengalami menstruasi. Posisi tersebut menyerupai bayi ketika masih berada di dalam rahim. Posisinya dengan menekuk lutut kakii, serta memeluknya hingga menempel di bagian dada.

Posisi foetal dipercaya tidak hanya bisa mencegah darah merembes ke pakaian, namun juga meredam sakit perut. Disarankan menggunakan bantal pada perut atau punggung ketika tidur dalam posisi foetal. Bantal dapat berfungsi sebagai penyangga yang mampu meredakan nyeri atau rasa tak nyaman.

Posisi meringkuk ini sebenarnya tidak direkomendasikan ketika tidur, karena dapat menyebabkan sakit punggung atau leher. Hanya saja untuk situasi tertentu, tidur dengan posisi tersebut tidak ada salahnya dicoba sebagai alternatif.

Namun jika wanita merasa lebih nyaman untuk tidur menyamping atau celentang, itu pun tidak dilarang. Hanya saja perlu dipastikan bahwa wanita memakai pakaian dalam yang pas guna mencegah pembalut bergeser sehingga menyebabkan darah haid bocor ke celana.

Posisi tidur yang perlu dihindari saat menstruasi

Posisi tidur yang harus dihindari ketika wanita menstruasi adalah tengkurap. Posisi tengkurap dapat membuat uterus tertekan, sehingga rasa kram perut atau nyeri menjadi lebih intens. Posisi tidur tengkurap juga dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga bisa menyebabkan pembalut bocor. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here