Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kepadatan aktivitas yang kita lakukan dari pagi membuat tubuh kita merasa kelelahan di malam harinya. Sehingga sangat penting bagi anda untuk mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur.

Tidur merupakan hal yang penting bagi kita semua. Selain untuk mengistirahatkan tubuh anda, dengan tidur juga dapat mengisi ulang energi tubuh agar keesokan harinya dapat beraktivitas kembali.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari tidur tentunya tidur anda haruslah berkualitas. Bagaimana tidur yang berkualitas itu? Tidur yang berkualitas bagi orang dewasa dari segi waktu yaitu 7-8 jam per hari. Posisi tidur pun tak kalah penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Masing-masing orang biasanya mempunyai posisi tidur yang bervariasi. Namun belum tentu posisi tersebut memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh anda. Para ahli merekomendasikan posisi tidur terlentang merupakan yang paling baik, kedua posisi tidur menyamping. Sedangkan posisi tidur tengkurap merupakan posisi yang buruk dan tidak dianjurkan. Berikut penjelasan dari posisi tidur tersebut :

  1. Posisi Tidur Terlentang

Seperti yang dikatakan para ahli bahwa posisi tidur terlentang adalah posisi yang terbaik karena posisi ini memberikan keseimbangan berat tubuh anda dan menjaga organ dalam tetap seimbang. Beberapa manfaat lain dari posisi tidur terlentang yaitu :

  • Mencegah tulang belakang dan leher anda sakit
  • Mencegah naiknya asam lambung
  • Terhindar dari nyeri punggung

Namun posisi tidur terlentang tidak dianjurkan bagi anda yang mendengkur ketika tidur, karena tidur terlentang memberi efek grafitasi yang mampu membuat pangkal lidah jatuh ke saluran pernafasan, dimana dapat menghambat proses pernafasan.

  1. Posisi Tidur Menyamping

Bagi anda yang menyukai posisi tidur menyamping lebih baik untuk tidur menyamping ke kanan. Tidur menyamping ke kanan lebih banyak keuntungannya dibandingkan miring ke kiri. Tidur menyamping ke kiri justru akan membebani jantung anda dimana yang harusnya masih memompa darah tetapi kelelahan karena terbebani dan dapat berakibat fatal dalam jangka panjang. Manfaat tidur menyamping ke kanan :

  • Mengistirahatkan otak sebelah kiri
  • Mengurangi beban jantung
  • Mengistirahatkan lambung
  • Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
  • Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi
  • Merangsang buang air besar
  • Mengistirahatkan kaki kiri
  • Menjaga kesehatan paru-paru
  • Menjaga saluran pernafasan
  1. Posisi Tidur Tengkurap

Alasan para ahli berpendapat bahwa posisi tidur tengkurap merupakan yang terburuk karena dapat menekan jantung, paru-paru dan perut anda. Selain itu juga dapat menyebabkan nyeri pada otot punggung dan leher.Tetapi posisi tidur ini menguntungkan bagi anda yang memiliki kebiasaan mendengkur ketika tidur karena dengan tidur tengkurap akan mengurangi dengkuran.

Terlepas dari baik buruknya posisi tidur yang sudah dijelaskan di atas, anda jangan khawatir apakah posisi tidur anda selama ini salah ataupun benar. Kembali lagi utamakan kenyamanan anda dalam tidur, karena sah-sah saja mau seperti apa posisi tidur anda yang terpenting adalah anda merasa nyaman. Namun apabila dirasa anda sudah memiliki tanda-tanda yang kurang baik, secepatnya anda tanyakan ke dokter sehingga dokter akan menyarankan posisi tidur yang tepat bagi anda. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY