Postur Tubuh Yang Buruk Pada Wanita

SehatFresh.com – Postur mengacu pada cara Anda menahan posisi dan tubuh Anda. Postur tubuh yang baik berpengaruh pada fungsi pernapasan dan kekuatan tulang. Sayangnya, banyak orang memiliki postur tubuh yang buruk. Pada wanita, postur tubuh yang buruk berkontribusi terhadap penampilan yang buruk. Postur tubuh yang buruk bisa mengakibatkan saraf terjepit karena seluruh urat saraf terhubung ke tulang punggung. Tidak hanya sebatas itu saja, hal ini juga membuat bagian tubuh lain menjadi sakit. Efek yang paling parah adalah kelumpuhan total.

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan postur menjadi buruk, diantaranya :

  • Usia
    Postur tubuh didasarkan pada dukungan otot tulang belakang dan kaki. Seiring bertambahnya usia, postur tubuh kemungkinan akan semakin buruk. Pasalnya, umur dapat melemahkan otot, sehingga sulit untuk mempertahankan postur tubuh yang baik terkait dengan faktor ini. Sebagai upaya melawan efek penuaan pada postur tubuh, lakukanlah olahraga teratur untuk memperkuat punggung bawah.
  • Kurang nutrisi
    Punggung dan tulang belakang membutuhkan nutrisi menunjang pertumbuhannya secara optimal. Ketika tubuh kekurangan nutrisi terutama kalsium, kemungkinan pertumbuhan tulang belakang menjadi tidak sempurna sehingga menyebabkan postur tubuh yang salah.
  • Berat badan berlebih
    Banyak kasus postur tubuh yang buruk pada wanita berpangkal selama masa pubertas ketika payudara mulai berkembang. Banyak wanita dengan payudara besar yang memiliki postur tubuh buruk karena bagian dada menarik tubuh mereka lebih condong ke depan. Orang yang memiliki lemak ekstra di perut cenderung memiliki tulang belakang bagian bawah yang tertarik maju.
  • Gaya berbusana
    Pakaian dan sepatu bisa sangat berpengaruh terhadap postur tubuh, terutama bagi wanita. Beberapa contohnya adalah sepatu hak tinggi, boots, celana jeans dengan potongan pinggang yang rendah dan ikat pinggang yang terlalu lebar. Ketika Anda mengenakan pakaian atau sepatu yang tidak nyaman, tubuh akan memiliki pusat gravitasi baru, di mana hal tersebut dapat berpengaruh pada postur tubuh yang sudah benar.
  • Pekerjaan
    Postur tubuh yang buruk menimbulkan sejumlah kondisi yang dihasilkan dari menarik di leher, bahu dan otot punggung. Orang yang harus sepanjang hari bekerja di depan komputer cenderung menjulurkan leher dan kepala mereka ke depan sehingga membuat tulang punggung menjadi tertarik, yang akhirnya berakibat pada postur tubuh yang buruk.
  • Keturunan
    Postur tubuh yang buruk juga dikaitkan dengan faktor keturunan. Jika Anda memiliki keluarga dengan punggung bungkuk, kemungkinan Anda akan memiliki postur yang buruk. Namun, faktor ini bisa diatasi dengan mencari bantuan profesional.

Bagaimana cara memperbaiki postur yang buruk?
Wanita harus memakai bra yang sesuai untuk membantu mereka mempertahankan postur yang baik. Tanpa manfaat dari dukungan yang tepat, payudara dapat menarik pada sisi dan otot punggung dan menekuk tulang belakang. Bra yang baik dapat menahan payudara di pusat gravitasi dan mengurangi risiko pengembangan postur tubuh yang buruk dan tulang belakang tidak sejajar. Olahraga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mencegah bungkuk akibat osteoporosis. Para wanita harus membiasakan postur berdiri yang benar untuk memperkuat otot punggung dan membantu keseimbangannya. Mereka bisa berdiri dekat dinding dan menempatkan kepala mereka, bahu dan bokong pada dinding untuk mengukur keselarasan postur mereka. Menekan kelengkungan tulang belakang ke dinding dapat membantu memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk postur yang lebih baik.

Sumber gambar : rhetoricalkeyst18.wordpress.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY